Gelar Vaksinasi, Kantor Desa Baroqah Dipadati Warga

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Guna mengikuti vaksinasi Covid-19, ratusan warga memadati Kantor Desa Baroqah Jl. Veteran, Kecamatan Simpang Empat, Senin (05/07/2021) pagi.

Berdasarkan pantuan media ini pada pukul 10.00 pagi, nampak para warga berdesakan dan berkerumun di halaman Kantor Desa untuk mendapatkan nomor antrian.

Menanggapi hal tersebut, aparat desa berkoordinasi dengan pihak keamanan dan petugas kesehatan segera melakukan tindakan untuk membubarkan kerumunan yang ada karena dinilai sudah mengabaikan protokol kesehatan.

Kepala Desa Baroqah Hendra Jayadi, S.AP melalui Sekertaris Desa Taupik Rahman mengatakan bahwa sejatinya kegiatan vaksinasi ditujukan untuk masyarakat umum.

Namun banyaknya warga terlebih warga Non-Desa Baroqah atau yang berdomisili di luar Desa Baroqah yang mendatangi Kantor Desa membuat petugas kewalahan dan menegaskan bahwa vaksin hanya ditujukan untuk warga Desa Baroqah.

Menurutnya, banyaknya warga berdomisili di luar Desa Baroqah yang datang tersebut mayoritas merupakan warga perantau yang ingin pulang ke tempat asal mereka dan memerlukan surat vaksinasi.

“Kita disini hanya memfasilitasi tempat untuk tim Puskesmas dan harapan kami bisa mengcover masyarakat yang ada, namun kuota vaksin yang kita dapatkan juga terbatas hanya untuk 300 orang,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa kepadatan warga yang terjadi merupakan diluar dari perkiraan petugas.

“Di satu sisi kita melihat sisi positif antusias warga yang luar biasa namun di satu sisi kita harus tegas dan disiplin mentaati protokol kesehatan serta jumlah vaksin yang terbatas,” katanya.

Bapak Iis (40) salah seorang warga Desa Baroqah mengatakan bahwa dirinya sudah mendatangi Kantor Desa sejak sekitar pukul 08.00 pagi untuk mengambil nomor antrian vaksinasi.

Pria yang tinggal di Jl. Inspektur Gubernur tersebut mengaku bahwa dirinya cukup khawatir dengan angka Covid-19 yang mulai melonjak kembali dan oleh sebab itu ia meyakini bahwa vaksinasi merupakan salah satu upaya pencegahan yang harus dilakukan guna terhindar dari Covid-19.

“Alhamdulillah saya sudah divaksin, semoga kita tetap sehat terus,” harap Iis. (*/red)