Tiadakan MOS, SMKN.2 Simpang empat Siap Terapkan New Normal PTM Terbatas

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Simpang Empat meniadakan Masa Orientasi Sekolah (MOS) untuk para siswa baru.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala SMKN2 Ribut Giyono, Rabu (14/07/2021).

Ia menjelaskan meskipun meniadakan Masa Orientasi Sekolah (MOS), namun para siswa baru akan diberikan program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

“Kegiatan PLS ini akan diikuti dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan yang ketat, serta para siswa akan diberikan materi tentang konten edukasi dan karakter kebangsaan,” jelas Ribut.

Selain itu melalui kegiatan SPLS, Ribut juga menjelaskan bahwa pihak sekolah berupaya mencegah dampak negatif dari pelaksanaan MOS terhadap siswa baru.

Seperti mencegah budaya plonco yang biasa dilakukan oleh siswa yang lebih senior dan meniadakan kostum-kostum yang tidak semestinya.

Pada MPLS ini, para siswa baru juga akan diajarkan simbol-simbol dari SMKN2 Simpang Empat seperti hymne, mars, semboyan dan lain sebagainya.

Sementara itu terkait Pembelajara Tatap Muka, Ribut menyebutkan bahwa PTM sejatinya sudah dimulai sejak Senin 12 Juli lalu.

“Namun karena pandemi dan angka Covid yang kembali meningkat dan berdasarkan Surat Edaran dari Disdikbud Provinsi Kalsel, PTM kembali kita tunda hingga waktu yang belum dapat ditentukan,” ujarnya.

Namun meskipun demikian, Ribut mengungkapkan bahwa SMKN2 telah melakukan berbagai persiapan guna menyambut Pembelajaran Tatap Muka secara terbatas.

“Penerapan New Normal dalam Pembelajaran Tatap Muka sudah sejak lama kita persiapkan, namun karena situasi yang masih belum memungkinkan kita berharap kedepannya semoga pandemi ini bisa melandai dan anak-anak kita mendapatkan hak-haknya mendapatkan pendidikan yang berkualitas,” harap Ribut. (*/red)