Bupati Tanbu Zairullah Azhar Kunjungi Lokasi Longsornya Jalan Provinsi

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Bupati Tanah Bumbu Abah HM. Zairullah Azhar meninjau secara langsung lokasi terjadinya longsor yang mengakibatkan rusaknya bahu jalan di jalan Provinsi Kilometer 171 Kecamatan Satui, Rabu (28/09/2022).

Longsor nya jalan yang terjadi Selasa malam sekitar pukul 24.00 Wita itu mengakibatkan kerusakan berat hingga para pengendara mobil kecil hingga besar harus dialihkan ke jalur alternatif melewati jalur houling perusahaan.

Apalagi pengguna jalan yang terbiasa melintas arah Banjarmasin atau Tanah Bumbu atau sebaliknya, maka tak luput dari pengalihan arus tersebut.

Dikatakan Bupati Abah Zairullah, pemerintah daerah mengambil langkah cepat dan kini sudah jalan, yang mana upaya nya bekerja sama antara pemerintah daerah dengan perusahaan.

“Pengguna jalan mobil kecil sementara ini harus mengorbankan waktu tempuh sekitar 2 kilometer untuk melintasi jalan houling perusahaan batubara, tembus jalan Munawar. Sedangkan mobil besar mengambil jalur houling tembus Sumpol dengan jarak tempuh 10 kilometer,” kata Bupati saat melakukan peninjauan di lokasi longsor.

Tentang langkah selanjutnya, pihaknya akan bicara dengan balai besar karena ini merupakan kewenangan Pemerintahan Pusat.

Demikian lanjutnya, sebagian jalan yang disekitar longsor tersebut sudah tidak layak untuk dilalui, kerena sangat membahayakan bagi pengguna jalan.

“Kita berharap semoga ini bisa cepat selesai dan terkait warga yang terdampak atas kejadiannya, kami akan bicarakan selanjutnya, yang penting jangan ada pihak yang dirugikan kedepannya, dan masyarakat yang ada hak nya akan kita penuhi dan tetap sambil jalan yang penting utamanya jalan yang rusak ini kembali lancar,” paparnya. (**/red)