Wujudkan Sarana Kesehatan Di Desa Trimartani, PT BIB Support Pembanguna RLH

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – PT Borneo Indobara (BIB) melalui Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di bidang Kesehatan, segera menyelesaikan pembangunan Rumah Layak Huni (RLH).

Pembangunan RLH di Desa Trimartani, Kecamatan Sungai Loban, Kabupaten Tanah Bumbu, tersebut rencananya akan dipergunakan untuk sarana kesehatan warga setempat.

Senior Manager, Empowerment & Sustainability Division PT BIB, Dindin Makinudin, menyampaikan bahwa setiap tahunnya PT BIB melakukan FGD Bersama masyarakat di masing-masing desa khususnya desa ring 1 di 5 Kecamatan di Tanah Bumbu, sesuai dengan Dokumen Amdal yang telah di setujui oleh Pemerintah Pusat dan Daerah.

“Salah satu desa di Ring 1 PT BIB adalah Desa Trimartani, dimana salah satu point di dalam rencana program prioritas ditahun 2022 adalah peningkatan mutu kualitas kesehatan di desa tersebut,” ungkap Dindin, Selasa (08/11/2022).

Pembangunan RLH tersebut diperlukan mengingat petugas kesehatan terutama bidan di Desa Trimartani tidak ada yang standby 24 jam.

Hal ini disebabkan minimnya fasilitas yang diperoleh petugas kesehatan di desa tersebut sehingga jika ada warga yang memerlukan bantuan tidak dapat segera ditangani.

Oleh sebab itu, PT BIB melalui program kesehatan ini memberikan support pembangunan rumah layak huni dengan standard sanitasi untuk rumah yang tidak layak dan tidak lagi digunakan oleh desa.

“Harapannya dengan direnovasi rumah tersebut akan menjadi tempat naungan bagi petugas kesehatan agar bisa standby 24 jam di Desa Trimartani, mengingat akses jalan ke jalan provinsi dan rumah sakit/klinik jauh dari desa tersebut,” kata Dindin.

Hingga saat ini, proses renovasi pembangunan rumah layak huni untuk posko kesehatan Desa Trimartani sedang berjalan dan saat ini telah berada di tahap pengerjaan sebesar 90%.

Terpisah Wagiran Kepala Desa Trimartani ketika di konfirmasi obsesinews.com mengungkapkan terimakasih serta Apresiasinya terhadap program RLH yang diperuntukkan bagi Tenaga kesehatan yang ada di Desanya.

“Terimakasih atas Program Bantuan Dari PT.BIB terkait RLH bagi tenaga kesehatan sangat baik dan membantu sekali,” ungkap Wagiran.

“Diharapkannya supaya program bantuan tersebut berkelanjutan dengan pengadaan fasilitas kesehatan lainya, diantaranya gedung polindes yang belum ada serta bantuan alat- alat medis untuk tenaga kesehatan yang berada di Desa Trimartani,” Harap Kades Trimartani. (Red)