Akselerasi Satu Data Satu Peta, Bappeda Litbang Tanbu Gelar Workshop Pengolahan Data Spasial

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Badan Perencana Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda Litbang) menggelar Workshop Pengolahan Data Spasial.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Mahligai Bersujud Kapet Kecamatan Simpang Empat, Selasa (09/05/2023), turut menggandeng Badan Informasi Geospasial (BIG) Republik Indonesia.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka akselerasi satu data satu peta di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu sesuai dengan amanat peraturan perundang-undangan,” ujar Kepala Bappeda Litbang Tanbu Andi Anwar Sadat melalui Kepala Bidang Ekonomi, Sumber Daya Alam, Infrastruktur dan Kewilayahan M. Untung.

Dikatakan, workshop ini berfokus terhadap penjelasan dan pemberian materi terkait pengolahan data spasial tingkat dasar, agar dapat diaplikasikan oleh para peserta yang merupakan perwakilan SKPD.

Melalui workshop ini, diharapkan SKPD dapat mengolah data spasial sesuai bidangnya masing-masing.

“Contohnya seperti data sebaran puskesmas, data sebaran sekolah dasar, kemudian data sebaran penduduk, dan lain sebagainya,”sebutnya.

Data spasial atau informasi peta yang diolah akan berguna bagi Kepala Daerah atau Bupati dalam menentukan langkah kebijakan daerah kedepannya.

Untuk itu, ia berharap para peserta dari setiap SKPD dapat memahami tata cara pengolahan data spasial juga penginputan datanya ke dalam geoportal Satu Data Indonesia.

“Lebih jauh, Kepala Daerah kemudian dapat melihat data-data yang diolah SKPD ini melalui peta, sehingga informasi yang disampaikan lebih akurat dan komprehensif,” sambungnya.

Adapun Workshop Pengolahan Data Spasial di Tanbu telah dibuka pada Senin (08/05) kemarin, dan berlangsung selama 2 hari hingga hari ini dengan diikuti peserta dari SKPD di lingkup Pemkab Tanbu. (*/Red).