Meriahkan Mappanretasi 2023, Ratusan Stand Digratiskan

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Ratusan UMKM ikut memeriahkan Pesta Adat Budaya Maritim Mappanretasi atau Pesta Pantai di Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu.

Hal ini seperti yang diungkap Ketua Panitia Penyelenggara Mappanretasi Tahun 2023 sekaligus Sekretaris Daerah H. Ambo Sakka dalam acara pembukaan Mappanretasi di Pagatan, Sabtu (20/05/2023) sore.

“Jumlah stand yang ada di dalam tenda roder sebanyak 68 dan semuanya terisi penuh, kemudian tenda kerucut di lapangan termasuk di depan sebanyak 240, kemudian kemarin ada penambahan tenda sebanyak 140,” ungkap Ambo Sakka.

Ia juga menambahkan bahwa Tanbu Expo di tahun ini diikuti oleh 10 Kabupaten/Kota dan Provinsi, mulai Provinsi Kalimantan Selatan, Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Tapin, Kabupaten Tabalong, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Kotabaru, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan ke Kabupaten Banjar.

Sesuai dengan arahan Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar, Ambo Sakka menyebut bahwa Tanbu Expo yang dilaksanakan Tahun 2023 akan berbeda dibanding tahun sebelumnya.

Perbedaan yang dirasakan yakni digratiskannya biaya pemakaian seluruh stand baik di dalam tenda roder maupun tenda kerucut.

“Suatu kesyukuran dan ungkapan terima kasih bagi seluruh masyarakat, sehingga bisa menikmati dan mengikuti event ini dengan penuh sukacita,” ujarnya.

Selain itu, sebanyak 55 perusahaan berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari perusahaan pertambangan, perkebunan, perbankan, dan perusahaan lainnya yang berusaha di Kabupaten Tanah Bumbu.

Puncak event Mappanretasi tahun ini yang akan jatuh pada hari Minggu 4 Juni 2023, dikatakan Ambo Sakka akan ditandai dengan perayaan makan bersama di laut yang diikuti sekitar 200 buah perahu hias yang memeriahkan kegiatan itu.

“Atas nama panitia penyelenggara menyampaikan penghargaan dan terima kasih, ini pesta rakyat dan Insya Allah malam ini kita lanjutkan dengan hiburan 4 artis ibukota,” lanjutnya.

Ia juga menambahkan Mappanretasi ini juga akan diisi dengan tabligh akbar yang meliputi penceramah nasional maupun daerah. (*/Red).