Kembali Laksanakan Aksi Jumat Berkah, Posko Satu Jiwa Beberkan Rencana Kedepan

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Jum’at Berkah Peduli Satu Jiwa kembali melaksanakan kegiatan rutin dipimpin
Pelda Indro Turseno, Babinsa Koramil Karang Bintang pada Jum’at (07/07/2023).

Pria yang juga bertindak sebagai koordinator Posko SatuJiwa, mewakili Danramil Kapten Inf Yacob Pangala mengatakan bahwa kegiatan kali ini dilaksanakan seperti layaknya kegiatan Jumat Berkah sebelumnya.

“Setelah sholat Jum’at, kami bergerak dari Posko Satu Jiwa bersama Ketua RT untuk membagikan bantuan kepada warga yang berhak menerimanya dan membutuhkannya di RT 02, RT 04 Desa Kupang Berkah Jaya Kec. Simpang Empat dan Desa Batulicin Irigasi Kec. Karang Bintang,” jelasnya.

Ia menambahkan sasaran kegiatan kali ini adalah anak yatim-piatu, lansia, dan janda yang berhak menerima bantuan.

“Dengan kegiatan rutin ini, alhamdulillah, setidaknya dapat meringankan beban warga yang membutuhkan bantuan setiap saat, terutama dalam hal sembako dan kebutuhan pokok sehari-hari,” sambungnya.

Namun tidak puas sampai disitu, kedepannya Posko Satu Jiwa juga berencana untuk bekerjasama dengan UMKM yang ada di wilayah untuk memberikan pelatihan dan menciptakan lapangan kerja bagi warga yang tidak mampu dan kurang mampu sesuai dengan keahliannya.

“Sehingga mereka dapat mandiri dan tidak hanya bergantung pada bantuan semata, tetapi juga dapat menciptakan peluang usaha untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka,” ucap Pelda Indro.

Kedepannya Pelda Indro berharap pihaknya dapat bekerjasama dengan para donatur yang dapat memberikan modal awal untuk membuka peluang usaha.

Sehingga Posko Satu Jiwa juga membantu memasarkannya melalui ritel besar di wilayah seperti Indomaret, Alfamart, dan toko-toko besar lainnya.

“Hal ini tentu memerlukan pendampingan dan kerjasama dengan aparat terkait lainnya. Kami berharap niat baik ini dapat dimudahkan sehingga Posko Satu Jiwa tidak hanya memberikan fasilitas bantuan sembako saja yang telah berjalan selama 3 tahun ini, tetapi juga dapat membantu memberikan lapangan pekerjaan bagi mereka di masa depan,” harap Pelda Indro

Hal ini sesuai dengan penekanan dari pimpinan kami, Komandan Kodim 1022/Tnb, Letkol Inf Aldin Hadi S.H., M.Tr(Han), bahwa Babinsa membantu tidak hanya dalam mempelopori usaha-usaha dan mengatasi kesulitan rakyat di sekitarnya, tetapi juga dapat menciptakan lapangan kerja bagi mereka sehingga mereka dapat mandiri dan sejahtera.

“Sesuai dengan harapan dan moto beliau yang selalu disampaikan kepada semua Babinsa, yaitu “Bersatu untuk maju, Bersama untuk sejahtera”,” bebernya.

Semoga hal ini dapat terwujud di wilayah dengan sinergi antara Babinsa, Babinkamtibmas, dan aparat desa hingga tingkat RT, agar dapat bersama-sama mendukung pemerintah dalam mensejahterakan warga di lingkungannya.

Dengan mengedepankan semangat gotong royong, warga yang mampu dapat membantu warga yang kurang mampu di sekitarnya. (*/Red).