Komitmen Antisipasi Karhutla, Pemkab Tanbu Gelar Apel Siaga Bencana

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu berkomitmen mengantisipasi dan mengatasi potensi bencana kabut asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Hal ini diperkuat dengan Apel Siaga Bencana yang digelar BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Tanah Bumbu di halaman Kantor Bupati Gunung Tinggi, Selasa (08/08/2023) sore.

Pembina apel dalam kegiatan ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanah Bumbu H. Ambo Sakka, mengingatkan kepada peserta apel untuk senantiasa menjaga kewaspadaan, terutama dalam menghadapi risiko kebakaran hutan dan lahan.

Instruksi ini sendiri telah diberikan oleh pemerintah pusat melalui presiden serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), di mana setiap daerah dan desa diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi serta mencegah terjadinya Karhutla.

Dalam kesempatannya, Sekda H. Ambo Sakka menekankan tiga hal pokok yang menjadi fokus dalam upaya menghadapi bencana ini.

Pertama, ia menekankan pentingnya sinergitas di antara berbagai unsur masyarakat. Dalam mengatasi bencana seperti Karhutla, kerja sama dari semua pihak, termasuk TNI, Polri, organisasi kemasyarakatan, dan warga masyarakat, sangatlah penting. Ia mengajak semua unsur tersebut untuk terlibat aktif dalam membangun sinergitas guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Selanjutnya, Sekda menyoroti pentingnya deteksi dini dalam menghadapi bencana kebakaran. Menurutnya, karhutla merupakan bencana yang bisa dihindari, berbeda dengan bencana banjir atau bencana alam lainnya.

“Dalam beberapa tahun terakhir, upaya untuk mengurangi terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan di Indonesia telah berhasil diminimalisir. Oleh karena itu, deteksi dini terhadap zona-zona rawan kebakaran hutan dan lahan menjadi hal yang krusial,” tegas Sekda.

Kemudian poin terakhir yang ditekankan adalah kesiapsiagaan. Ambo Sakka mengungkapkan bahwa pada hari ini, Pemerintah Daerah bersama dengan Forkopimda serta berbagai komponen masyarakat seperti Pemuda Pancasila, Pramuka, dan pelajar, telah membuktikan kesiapannya dalam menghadapi bencana kebakaran hutan dan lahan.

Meskipun peralatan yang dimiliki sederhana, Sekda mendorong agar semua pihak dapat memanfaatkannya sebaik-baiknya untuk mencegah terjadinya Karhutla di Kabupaten Tanah Bumbu.

Oleh sebab itu dalam akhir sambutannya, H. Ambo Sakka, sebagai Kepala BPBD Ex Efficio Tanah Bumbu, menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang terlibat dalam upaya pencegahan bencana karhutla di Bumi Bersujud.

Turut berhadir dalam kegiatan apel, Kepala Pelaksana BPBD Tanbu Sulhadi beserta jajaran, perwakilan Forkopimda, pimpinan SKPD, organisasi kemasyarakatan, serta tamu undangan. (*/Red).