Masyarakat Terbantu! Posko Satu Jiwa Bagikan Sembako kepada Anak Yatim dan Lansia

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Dalam semangat kepedulian kepada sesama, Posko Satu Jiwa kembali menggelar rutinitas Jum’at Berkah.

Kegiatan ini dipimpin oleh Pelda Indro Turseno, Babinsa Koramil 1022-05/Karang Bintang, yang mewakili Danramil Kapten inf Yacob Pangala, pada pada Jum’at (06/10/2023).

Pelda Indro Turseno menjelaskan bahwa kegiatan Jum’at kali ini difokuskan pada pendistribusian paket sembako yang terdiri dari beras, minyak goreng, dan mie instan di tiga desa, yaitu Desa Karang Nunggal, Desa Kupang Berkah Jaya, dan Kelurahan Kampung Baru.

“Sasaran utama kegiatan ini adalah anak-anak yatim, lansia, janda kurang mampu, serta warga yang menderita sakit menahun di ketiga desa tersebut,” jelas Pelda Indro.

Ia menambahkan pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan metode door to door, yang melibatkan ketua RT dan relawan Satu Jiwa.

Setelah menyelesaikan shalat Jum’at, para relawan segera mendatangi mereka satu per satu sesuai dengan data yang diberikan oleh masing-masing ketua RT. Ini adalah upaya konkret untuk meringankan beban mereka yang membutuhkan bantuan.

Pelda Indro menyebut kegiatan Jum’at berkah ini bukan hanya bentuk kepedulian sosial semata, tetapi juga merupakan implementasi dari salah satu tugas Babinsa di lapangan, yaitu melaksanakan perintah dari pimpinan, dalam hal ini Komandan Kodim 1022/Tanah Bumbu, Letkol inf Aldin Hadi, S.H., M.Tr(Han).

Salah satu program dari pimpinan adalah kegiatan Babinsa masuk Dapur, dan Posko Satu Jiwa yang telah berjalan selama tiga tahun turut berperan dalam mendukung program ini.

Kegiatan ini juga mencerminkan salah satu dari 8 wajib TNI, yaitu butir ke-8, yaitu menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekitarnya.

Dengan Jum’at berkah yang diadakan setiap minggunya, masyarakat dapat merasa lega dalam menghadapi kenaikan harga bahan pokok seperti beras dan sembako serta berbagai kesulitan ekonomi lainnya.

Salah satu Ketua RT, Murjani selaku Ketua RT.04 dari Desa Karang Nunggal, mengucapkan rasa terima kasih kepada Komandan Kodim 1022/Tanah Bumbu, Letkol inf Aldin Hadi, S.H., M.Tr(Han), dan Posko Satu Jiwa.

Ia menilai bahwa kegiatan ini sangat membantu warga yang kurang mampu di daerah mereka.

Dengan semangat kepedulian yang terus menggelora, Posko Satu Jiwa berkomitmen untuk terus memberikan manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan. (*/Red).