Semarakkan Nilai Al-Qur’an, Bupati Tanbu Buka MTQN Ke-XIX Tingkat Kabupaten di Karang Bintang

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Bupati Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar, secara resmi membuka acara Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) Ke-XIX Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu.

Pembukaan ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Bupati di Panggung Utama MTQN Ke-XIX di Lapangan Mandala Krida, Desa Manunggal, Kecamatan Karang Bintang, Kabupaten Tanah Bumbu, pada Minggu (08/10/2023) malam.

Adapun tema kegiatan ini yaitu “Melalui MTQN Ke-XIX Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2023 Kita Sukseskan Program Satu Desa Satu Masjid SDSM Untuk Membangun Tanah Bumbu Bersujud Menuju Serambi Madinah.”

Camat Karang Bintang Syafrudin selaku Ketua Panitia, dalam laporannya menjelaskan bahwa MTQ kali ini diikuti oleh 12 Kafilah dari seluruh Kecamatan yang ada Tanah Bumbu, yang akan bersaing dalam 26 cabang musabaqah.

Sebanyak 481 peserta akan menunjukkan keahlian mereka, dengan melibatkan dari 130 dewan hakim dan 187 panitia pelaksana. Dimana mereka diakomodasi dengan menggunakan 48 rumah sebagai pemondokan kafilah, 10 rumah pemondokan untuk dewan hakim, dan 8 venue sebagai tempat lomba.

Camat Syafrudin juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama dengan panitia untuk memastikan kesuksesan acara MTQN ini.

“Dengan Kecamatan Karang Bintang sebagai tuan rumah, kami ucapkan selamat bermusabaqah dan selamat berprestasi,” katanya.

Sementara itu, Bupati HM Zairullah Azhar dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada semua pihak yang telah mendukung acara MTQN ini.

Ia memberikan apresiasi atas upaya Panitia Pelaksana MTQ Nasional ke-19 Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu dan seluruh masyarakat Kecamatan Karang Bintang yang telah dengan semangat mempersiapkan dan menyambut pelaksanaan MTQ ini.

Bupati Zairullah berharap para Kafilah dari setiap Kecamatan dapat bersiap untuk berkompetisi menjadi Qori’ dan Qoriah, Hafidz dan Hafidzah terbaik di tingkat Kabupaten Tanah Bumbu.

Ia menekankan pentingnya mempelajari, memahami, dan mencintai Al-Qur’an sebagai petunjuk hidup. “MTQN adalah momen penting dalam memperkuat budaya Musabaqah Tilawatil dan Tahfiz Al Qur’an di Tanah Bumbu dan di seluruh Indonesia,” katanya.

Untuk itu, Bupati mengajak semua untuk membaca Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari dan memahami isi kandungan ayat-ayat Al-Qur’an, dengan harapan semua mendapatkan ridho Allah SWT, kebahagiaan di dunia, dan akhirat yang bahagia.

Dengan harapan agar pelaksanaan MTQN Nasional ke-19 Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu berjalan lancar, sukses, dan aman, acara ini diadakan dari tanggal 8 hingga 13 Oktober 2023.

Selain kompetisi, acara pembukaan ini nampak juga dihiasi dengan penampilan musik Balasyik Entertainment dari Jember, Jawa Timur.

Turut hadir dalam acara ini sejumlah tokoh penting, termasuk Sekda Tanbu H. Ambo Sakka yang juga Ketua LPTQ Kabupaten Tanah Bumbu, Forkopimda, Ketua MUI Kabupaten Tanbu, tokoh agama, masyarakat setempat, dan tamu undangan. (*/Red).