Diduga Karena Nasi Bungkus, Anak-Anak di Tanah Bumbu Keracunan Massal

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Pada hari Jumat (20/10/2023), insiden keracunan makanan terjadi di Desa Manurung, Kecamatan Kusan Tengah, Kabupaten Tanah Bumbu.

Akibatnya sejumlah anak-anak yatim-piatu di daerah tersebut diduga keracunan setelah mengonsumsi nasi bungkus yang dibagikan oleh seorang warga.

“Sebanyak 10 orang yang diduga keracunan sedang dirawat di Puskesmas Perawatan Pagatan,” ungkap Kapolres Tanah Bumbu AKBP Tri Hambodo melalui Kasi Humas Iptu J. Sinaga, Sabtu (21/10/2023).

Pada mulanya, Deni, yang biasanya membagikan sedekah berupa nasi kotak Rocket Chicken kepada anak-anak yatim-piatu di Desa Manurung, mendapat titipan nasi bungkus dari donatur, yaitu Hj. Yanti dari Desa Batuah, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu.

Sebanyak 40 bungkus nasi bungkus diterima oleh Deni sekitar pukul 10.15 pagi. Nasi bungkus tersebut kemudian diantarkan oleh Deni ke Halimah di Desa Manurung, Kecamatan Kusan Tengah, untuk dibagikan kepada anak-anak yatim-piatu setelah sholat Jum’at. Deni kemudian pergi bekerja, dan tidak ikut dalam proses pembagian nasi tersebut.

Sore harinya, Deni menerima kabar bahwa sejumlah warga, terutama anak-anak yang menerima nasi bungkus tersebut, mengalami mual-mual dan dibawa ke Unit Gawat Darurat (UGD) Puskesmas Perawatan Pagatan

Kejadian terjadi saat sore hari, yang mengindikasikan bahwa nasi tersebut mungkin telah basi.

Diketahui nasi bungkus yang dibagikan terdiri dari nasi putih, telur masak merah, dan mie yang dicampur menjadi satu bungkus.

Sementara ini Dinas Kesehatan beserta Puskesmas Perawatan Pagatan dan Puskesmas Pulau Tanjung akan melakukan uji laboratorium terhadap bahan-bahan dari nasi bungkus yang dibagikan. (*/Red).