Terima Visitasi Sekolah, Dispersip Tanbu Harap Tingkatkan Minat Baca Anak

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu menerima kunjungan atau visitasi dari SMPN2 Karang Bintang pada Selasa (19/12/2023).

Melalui kegiatan tersebut, Dispersip memberikan sosialisasi dan pemahaman terkait fasilitas dan pelayanan yang terdapat di perpustakaan sekaligus gedung Dispersip Tanah Bumbu.

Dalam kesempatan tersebut, Dispersip Tanah Bumbu hendak mengenalkan kepada anak-anak sekaligus masyarakat bahwa perpustakaan bukan hanya sekedar tempat membaca tetapi juga tempat berkreasi.

Kepala Dispersip Tanbu Yulia Rahmadani melalui Sekdispersip Muhammad Saleh, menyampaikan bahwa kegiatan SMPN2 Karang Bintang tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak sekolah yang telah berkunjung ke Dispersip.

Dikatakan bahwa anak-anak sekolah yang berkunjung ke perpustakaan sangat antusias dan banyak dari pihak sekolah yang mengaku ingin datang berkunjung kembali ke perpustakaan.

Dengan sejumlah kegiatan seperti berkeliling mengenal perpustakaan, menonton film di studio mini dan mengikuti games atau ice breaking bersama, hal ini diharapkan meningkatkan minat literasi anak-anak sehingga mereka tidak takut untuk datang ke perpustakaan.

“Visitasi ini dalam rangka promosi perpustakaan karena selama ini anggapan di masyarakat bahwa perpustakaan hanya tempat membaca dan meminjam buku saja,” terang Saleh saat ditemui media ini.

Dijelaskan Saleh, saat ini perpustakaan telah bertransformasi sebagai perpustakaan berbasis inklusi sosial, dimana perpustakaan juga berperan andil dalam peningkatan ekonomi masyarakat.

“Seperti dalam beberapa waktu lalu, kami mengadakan pelatihan pembuatan kue kering, kami juga mendatangkan tenaga ahli yang bisa membantu masyarakat memasarkan produk dan memiliki komunitas agar bisa sharing dan mengembangkan produknya,” jelasnya.

Hal ini sebutnya, merupakan sekian dari banyaknya program Dispersip Tanbu di tahun 2023 yang melibatkan peran serta masyarakat terutama UMKM yang ada disekitar.

Dispersip Tanbu mengaku terbuka dengan sekolah-sekolah dari berbagai jenjang yang ingin melakukan kunjungan atau visitasi serupa agar dapat bersurat ke Dispersip.

Diharapkan Saleh dengan visitasi ini, perpustakaan Dispersip Tanbu dapat lebih dikenal sehingga berkontribusi dalam meningkatkan minat baca anak-anak di Bumi Bersujud.

Adapun visitasi SMPN2 Karang Bintang di perpustakaan Dispersip Tanbu tersebut di ikuti sebanyak 55 orang murid kelas 9 dan 20 orang guru. (*/Red).