Hari Kebangkitan Nasional, Pemkab Tanbu Tekankan Pentingnya Persatuan dan Pembangunan

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) menggelar upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 dan Peringatan Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan ke-75.

Acara ini berlangsung di Halaman Kantor Bupati Tanah Bumbu, Gunung Tinggi, Batulicin pada Senin (20/5/2024), dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Tanah Bumbu, Dr H Ambo Sakka, M.Pd, bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Dalam sambutannya, Ambo Sakka menyampaikan bahwa peringatan ini menandai dua peristiwa bersejarah yang memiliki nilai penting bagi bangsa Indonesia.

Pertama, peristiwa kebangkitan nasional pada tahun 1908 di mana berbagai komponen seperti Jong Java, Jong Kalimantan, Jong Sulawesi, Jong Sumatera, Jong Ambon, dan organisasi kepemudaan lainnya bersatu untuk memerdekakan Republik Indonesia.

Kedua, Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan yang menegaskan kebulatan tekad seluruh rakyat dan komponen di Kalimantan untuk tetap berada dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia

Sekda juga menekankan pentingnya meneladani semangat persatuan dan kesatuan dari kedua peristiwa tersebut dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sehari-hari.

“Mari kita implementasikan hikmah dari peristiwa ini dengan menegakkan disiplin, etos kerja yang tinggi, dan membangun integritas. Hal ini merupakan wujud nyata dari peringatan Harkitnas yang kita rayakan setiap tahun,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu membangun Tanah Bumbu di berbagai bidang, termasuk upaya mengentaskan kemiskinan dan stunting.

“Dengan bersatu, kita dapat mewujudkan Kabupaten Tanah Bumbu sebagai Serambi Madinah sesuai dengan slogan kita, Bersujud Menuju Serambi Madinah,” kata Ambo Sakka.

Upacara ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat termasuk Forkopimda, anggota DPRD, TNI, Polri, pejabat lingkup Pemkab Tanah Bumbu, organisasi wanita, organisasi masyarakat, pelajar, pramuka, Paskibraka, Capaska, dan tamu undangan lainnya. (*/Red).