Tanbu Komitmen Tingkatkan Sanitasi dan Air Bersih Bagi Masyarakat

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Kabupaten Tanah Bumbu menerima kunjungan Tim Penilai Wasaka Award dari Provinsi Kalimantan Selatan dalam rangka ekspose perumahan dan kawasan pemukiman.

Acara yang berlangsung di Ruang Rapat Sekda Tanah Bumbu dan dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tanah Bumbu, H Ambo Sakka.

Dalam sambutannya, Sekda Ambo Sakka menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih atas kehadiran Tim Penilai dari provinsi. Ia mengakui bahwa Tanah Bumbu, seperti kabupaten/kota lainnya, menghadapi tantangan terkait sanitasi dan penyediaan air minum yang aman di kawasan pemukiman.

“Tanah Bumbu memiliki tantangan multidimensi, terutama karena sektor pertambangan dan perkebunan yang mendominasi wilayah ini. Pemerintah Daerah terus berupaya melakukan koordinasi dengan perusahaan-perusahaan untuk pengelolaan sanitasi dan penyediaan air minum yang aman,” ujar Sekda, Selasa (21/05/2024).

Sekda juga menekankan bahwa Pemerintah Daerah telah melakukan berbagai intervensi baik di tingkat nasional maupun kabupaten.

Menurutnya, mengubah paradigma masyarakat terkait kebersihan dan kesehatan, khususnya sanitasi, memerlukan waktu dan upaya yang berkelanjutan. Namun, ia yakin bahwa Tanah Bumbu mampu mengatasi tantangan tersebut.

Dengan komitmen yang kuat, Pemerintah Daerah telah bekerja sama dengan PDAM untuk memasang sekitar 37.000 sambungan air bersih kepada masyarakat.

Selain itu, inovasi reklamasi dari perusahaan turut berkontribusi dalam peningkatan persentase air bersih yang dapat dinikmati masyarakat.

Sekda juga meminta saran dan masukan dari Tim Penilai Wasaka Award Provinsi Kalimantan Selatan sebagai langkah positif untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat Tanah Bumbu.

Acara kemudian dilanjutkan dengan paparan ekspose perumahan dan kawasan pemukiman oleh Kepala Bappedalitbang Tanah Bumbu, Andi Anwar Sadat, bersama tim.

Paparan ini menyoroti berbagai upaya dan inovasi yang telah dilakukan oleh Kabupaten Tanah Bumbu dalam bidang perumahan dan pemukiman.

Dengan semangat ini dikatakan Sekda, Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu terus berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui penyediaan sanitasi dan air minum yang aman serta pengelolaan perumahan yang lebih baik.

Kunjungan Tim Penilai Wasaka Award diharapkan dapat memberikan arahan dan dukungan untuk mencapai tujuan tersebut.

Turut berhadir dalam kegiatan ini Kepala Bappedalitbang, Kepala PDAM, berbagai lintas SKPD terkait, serta Tim Penilai dari Provinsi Kalimantan Selatan. (*/Red).