Inovasi Terbaik, Tanbu Beri Penghargaan Ke SKPD dan Masyarakat

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) menggelar penganugerahan Lomba Inovasi Award bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan masyarakat.

Acara penghargaan yang berlangsung di Hotel Ebony Batulicin, pada Senin (3/6/2024) dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, H. Ambo Sakka.

Penganugerahan ini bertujuan untuk mencari dan mengapresiasi inovator-inovator daerah yang memiliki potensi untuk memberikan perubahan atau solusi terhadap permasalahan di lingkup pemerintahan maupun masyarakat.

Sekda H. Ambo Sakka dalam sambutannya menegaskan pentingnya inovasi dalam upaya memacu pelayanan yang lebih baik di Tanah Bumbu.

“Kita tidak ingin pelayanan lambat. Kalau bisa diselesaikan dalam 2 hari, mengapa harus menunggu 7 hari? Dan jika bisa diselesaikan di satu meja, mengapa harus melalui lima meja?” ujar Sekda Ambo Sakka.

Ia menambahkan bahwa komitmen terhadap pelayanan terbaik harus menjadi prioritas utama di Tanah Bumbu demi meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mendorong lebih banyak manfaat bagi masyarakat.

“Kita harus komitmen bahwa pelayanan di Tanah Bumbu harus jadi nomor satu,” pungkas Sekda.

Penerima penghargaan dalam Lomba Inovasi Award kali ini terdiri dari berbagai SKPD dan masyarakat.

Untuk kategori SKPD, penghargaan diberikan kepada Bappeda Litbang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPTPMSP), serta Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo SP) Tanbu.

Sementara itu, untuk kategori masyarakat, penghargaan diberikan kepada Pejuang Literasi Tanbu (PELITA), SMK Negeri 2 Simpang Empat, SMK Muhammadiyah Kusan Hilir, SMA Negeri 1 Angsana, dan SMK Negeri 1 Sungai Loban.

Adapun PELITA peraih posisi tertinggi untuk kategori masyarakat membawa inovasi Project Implementation: Kuliah Gratis dan Road To School.

Inovasi ini bertujuan untuk mempercepat progresivitas talenta muda di Kabupaten Tanah Bumbu melalui akses pendidikan yang lebih baik.

Tim PELITA yang terdiri dari Irma Ningsih, S.Pd, Ilham Bahari, S.IP, dan Azmi Irfala, S.Kom telah mempresentasikan inovasi mereka di hadapan dewan juri.

Gebrakan inovatif yang dilakukan oleh generasi muda tersebut dinggap sebagai sebuah hal yang jarang terlihat, menjadi bukti nyata bahwa inovasi dan semangat muda dapat ikut membawa perubahan positif bagi daerah. (*/Red).