Tingkatkan SDM Unggul, Tanbu Expose Pendidikan Vokasi

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Expose Akhir Pendidikan Vokasi untuk Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Unggul digelar di Kabupaten Tanah Bumbu.

Dr. Muzahid Akbar H, Tim Ahli dari UNISKA, memaparkan pentingnya SDM unggul sebagai wujud kemajuan Tanah Bumbu. Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan putra dan putri daerah agar mampu berdaya saing tinggi.

“Kolaborasi harmoni antara masyarakat, pihak swasta/industri, dan Pemerintah Daerah menjadi kunci utama dalam mencapai tujuan ini,” ujarnya, dalam acara yang berlangsung pada Kamis (13/06/2024).

Salah satu tujuan utama kegiatan ini adalah merumuskan rekomendasi kebijakan yang efektif dan aplikatif untuk meningkatkan mutu program pendidikan dan pelatihan, sehingga dapat memaksimalkan potensi SDM di Tanah Bumbu.

Dr. Didi Susanto, juga dari UNISKA, menekankan bahwa kegiatan ini sejalan dengan Visi Indonesia Emas, yang menargetkan Indonesia menjadi negara tangguh, mandiri, dan inklusif berdasarkan rencana pembangunan jangka panjang nasional 2025-2045.

“Kesiapan dalam pendidikan vokasi, khususnya peningkatan SDM, menjadi tuntutan utama. Kita harus melihat potensi dan melakukan kerjasama,” jelas Dr. Didi.

Menurutnya, Tanah Bumbu sebagai salah satu daerah penopang Ibu Kota Nusantara (IKN) memiliki peran strategis dalam mendukung visi negara.

Dr. Eng Akbar Rahman dari UNLAM menambahkan bahwa Tanah Bumbu memiliki potensi besar untuk menjadi pusat pendidikan vokasi yang unggul, berkat Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia yang dimiliki.

“Tanah Bumbu bisa menjadi motor pembangunan daerah maju dan kawasan penting dalam perencanaan wilayah yang menopang fungsi sebagai pintu gerbang IKN,” katanya.

Penelitian Tim Ahli menunjukkan bahwa Tanah Bumbu memiliki potensi dominan di sektor pertambangan (36 persen) dan perkebunan (27,3 persen).

Letak geografis yang menguntungkan, potensi SDA yang besar, serta potensi hilirisasi industri, penyangga pangan, energi, dan SDM untuk IKN, menjadikan Tanah Bumbu sebagai daerah dengan daya tarik tinggi.

Kegiatan Expose Akhir Pendidikan Vokasi ini membawa ekspektasi agar SDM Tanah Bumbu diharapkan mampu bersaing dan mengisi posisi strategis, serta berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional.

Turut berhadir berbagai pemangku kepentingan, termasuk Bappeda Litbang Tanah Bumbu, Diskumdagri, Camat, perwakilan industri/perusahaan, perwakilan pihak sekolah, dan tamu undangan lainnya. (*/Red).