Kapolres Tanbu Resmikan Kontes Kambing di Education Park

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Kapolres Tanah Bumbu, AKBP Arief Prasetya, secara resmi membuka Kontes Kambing di Education Park, Kecamatan Simpang Empat, pada Minggu (23/06/2024) pagi.

Acara yang diadakan untuk memperingati Hari Bhayangkara ke-78 ini dan diikuti dengan antusias oleh para peternak dan pemilik kambing dari dalam maupun luar daerah.

Pantauan di lapangan sekitar pukul 08.30 WITA, para peserta sudah memadati Education Park dengan membawa kambing-kambing yang akan dilombakan.

Dalam sambutannya, Kapolres AKBP Arief Prasetya menyatakan bahwa kegiatan seperti ini pertama kali digelar oleh Polres Tanbu.

Ia menyebut tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memberikan motivasi dan semangat kepada kelompok peternak. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperingati Hari Bhayangkara kian dekat.

Kapolres juga mengapresiasi Kapolsek Batulicin, Ipnu Kusnin, yang telah memprakarsai kegiatan ini serta memuji kedekatannya dengan para peternak.

Ia berharap, bersama dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, kegiatan yang mendukung para peternak dapat semakin banyak dan mampu meningkatkan produktivitas kambing di daerah ini.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres bersama Sekda meninjau kambing-kambing yang dilombakan sambil berbincang singkat dengan para peternak. Mereka juga berkesempatan menyerahkan piala dan hadiah kepada para pemenang kategori ekstrim.

Kontes kambing ini diikuti oleh 84 ekor kambing yang terbagi dalam empat kategori, yaitu ekstrim jantan, ekstrim betina, seni jantan, dan seni betina.

Kategori ekstrim dinilai berdasarkan bobot atau berat kambing, sementara kategori seni dinilai berdasarkan keindahan tubuh, seperti kepala, badan, hingga kaki kambing. Total hadiah yang disediakan dalam kegiatan ini mencapai Rp 25 juta.

Kategori seni dinilai oleh tiga juri yang berasal dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Balai Pembibitan Ternak Unggul (BPTU) Pelaihari, dan Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI).

Turut hadir dalam acara ini Wakapolres beserta jajaran pejabat PJU Polres Tanah Bumbu, DKPP Tanah Bumbu, serta unsur terkait lainnya. (*/Red).