Program Kewiraan SMKN lengkong

Obsesinews.com,Nganjuk – Waktu menunjukkan tepat pukul 06.00 Wib. Jalan raya pun masih lengang, Namun di Lapangan Upacara sebuah SMK Negeri Tampak Ratusan Siswa Sudah Berdiri Rapi Mengikuti Apel Yang Dipimpin Kapten Inf Muhtar Isnaini Danramil 0810/13 Lengkong, Kamis ( 13/04 ). 
Kejadian tersebut terjadi di SMK Negeri 1 Lengkong. Pada hari itu di SMK Negeri 1 Lengkong sedang digelar program kewiraan terhadap siswa kelas X. Program yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa dan menanamkan jiwa patriotisme tersebut merupakan kerjasama antara Koramil 0810/13 Lengkong dengan SMK Negeri 1 Lengkong. Tidak hanya pada hari itu saja, program yang  dilaksanakan setiap hari Kamis mulai pukul 06.00 s.d. 07.30 Wib tersebut sudah berjalan hampir 1 tahun. 
Dalam amanatnya pada pelaksanaan apel pagi, Kapten Inf Muhtar Isnaini Danramil 0810/13 Lengkong mengatakan,” bahwa pada saat ini untuk berjuang tidak harus dengan mengangkat senjata. Dengan belajar yang giat dan tekun sudah merupakan wujud perjuangan bagi seorang siswa.

“Perjuangan melawan penjajah memang sudah selesai. Namun perjuangan untuk mengisi kemerdekaan belumlah berakhir. Ada banyak cara dilakukan untuk mengisi kemerdekaan tersebut. Tidak harus berjuang dengan mengangkat senjata namun dengan giat belajar dan tekun sudah merupakan wujud perjuangan bagi siswa,” kata Kapten Inf Muhtar Isnaini Danramil 0810/13 Lengkong.
Lebih lanjut Kapten Inf Muhtar Isnaini Danramil 0810/13 Lengkong mengatakan, “ Selain dengan giat belajar, diharapkan adik – adik sekalian bisa menjaga nama baik sekolah. Misalnya dengan mentaati peraturan lalu lintas, memakai helm, berhenti pada saat lampu merah, menghindari kenakalan remaja, tidak minum minuman keras dan tidak mengkonsumsi narkoba,” tegas Kapten Inf Muhtar Isnaini Danramil 0810/13 Lengkong. 
“Disini ada banyak bapak-bapak anggota Koramil yang mengisi kegiatan kewiraan ini. Apabila ada hal-hal yang tidak dimengerti ditanyakan saja, Atau kalau perlu adik-adik bisa ke Koramil, Koramil tidak terbatas hanya untuk anggota Saka Wira Kartika saja. Semua saja bisa main kesana sehingga terjalin keakraban diantara kita,” tutur Danramil 0810/13 Lengkong.
Sementara itu ditempat terpisah Dra. Yatini, M.Si Kepala SMK Negeri 1 Lengkong mengatakan,” bahwa dengan adanya program seperti ini pihaknya sangat terbantu untuk membentuk kedisiplinan siswa dan sangat efektif untuk menekan angka kenakalan pada anak didiknya. 
Selain itu  Dra. Yatini, M.Si Kepala SMK Negeri 1 Lengkong juga mengatakan,” bahwa dengan adanya program kewiraan ini SMK Negeri 1 Lengkong ditunjuk sebagai SMK Kebangsaan oleh Dewan Pendidikan Propinsi dan sudah banyak SMK dari tempat lain yang mengajukan studi banding untuk itu pihaknya berharap agar program kewiraan ini bisa diterapkan di sekolah-sekolah yang lain,”ungkap Yatini.
Perlu diketahui bahwa dalam program kewiraan ini siswa dibekali dengan Wawasan Kebangsaan ( Wasbang ), Wawasan Nusantara, PBB, Kolone Senapan dan BDM baik secara teori maupun praktek dengan pembina Anggota Koramil 0810/Lengkong dan guru pendamping dari SMK Negeri 1 Lengkong. ( ed’s810/red)