Kegiatan donor darah Jajaran Pemkab Tanbu

Obsesinews.com,Tanah bumbu- Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Kabupaten Tanah Bumbu terus  berupaya mengantisipasi kekurangan stock  darah di  Rumah Sakit Umum Andi Abdurahman Noor Batulicin. 

Terlebih lagi saat  bulan ramadhan ini, PMI sudah  mempersiapkan ketersediaan darah melalui aksi donor darah diberbagai Kecamatan bersama pihak Pemerintah Daerah dan  Arutmin Tambang Batulicin.

“Sebanyak 350 kantong yang dipersiapkan adalah bentuk antisifasi minimnya  ketersediaan darah di rumah sakit. Mengingat selama  bulan puasa ini kami tidak ada mengadakan gelar donor darah di berbagai Kecamatan,” kata ketua PMI cabang Kab.Tanah Bumbu Gusti Hidayat di sela acara  donor darah yang digelar  Rabu (24/05) diruang Rapat Setda perkantoran Bupati. 

Guna memenuhi  ketersediaan darah demi  kebutuhan pasien di RSU andi Abdurahman Noor Batulicin. Pihaknya mengajak jajaran SKPD Pemkab Tanah Bumbu  dan masyarakat agar  berpartisipasi menyumbangkan darahnya di kesempatan manapun.

“Meskipun bukan saat ada gelar donor darah, pihak PMI bersedia  dan melayani partisipasi warga yang akan menyumbangkan darahnya baik di kantor PMI maupun Rumah Sakit setempat,” kata Gusti Hidayat.

Selain itu katanya, pihak Rumah Sakit saat ini  sedang mengalami kekurangan darah. Terutama golongan darah A dan AB.

“Diharapkan melalui gelar donor darah lebih banyak ditemukan jenis dan golongan A dan AB yang menjadi prioritas  dan di butuhkan pasien Rumah Sakit tersebut,” jelasnya.

Di kesempatan yang sama. Kepala Departemen SHE dan Engginering Arutmin Tambang Batulicin Efendi mengatakan. Pihaknya sangat mendukung  kerjasama antara PMI dan Pemerintah Daerah.

Menurutnya, kerjasama ini adalah merupakan program  CSR PT. Arutmin Tambang Batulicin yang berorientasi kegiatan sosial bagi masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu.

“Kami sangat mengapresiasi di setiap kegiatan itu, sebelumnya kami menargetkan 200 kantong darah ternyata di tiap kegiatan justru melebihi 200 kantong darah,” ungkap Efendi.

Sementara itu bentuk kerjasama yang sudah terjalin ditandai dengan penyerahan 2 Box darah  kepada PMI cabang Kab. Tanah Bumbu melalui program CSR PT. Arutmin Tambang Batulicin. Serta penghargaan Pemerintah Daerah kepada pihak Arutmin. (Rel/ red)