Meriahnya suasana perlombaan permainan tradisional

Obsesinews.com,Tanahbumbu – Lomba Permainan Tradisional digelar Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu), Senin (14/8).

Lomba digelar di Halaman Kantor Bupati Tanah Bumbu dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 72.
Kegiatan ini melombakan permainan tradisional Bahagaan atau ba’asinan antar Pegawai dilingkungan Pemkab Tanbu.
Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Tanbu melalui Kabinya Ahmad Faizin,” mengatakan lomba digelar untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 72 sekaligus pula untuk melestarikan permainan tradisional.
Dia mengatakan,” lomba permainan tradisional ini akan menjadi agenda rutin tahunan Pemkab Tanbu dan diharapkan permainan ini kembali populer dikalangan anak-anak.
“Melalui lomba ini, kami mengajak untuk mengingat kembali keceriaan semasa anak-anak saat memainkan permainan tradisional,” sebutnya.
Terkait lomba antar SKPD, dia mengatakan, peserta lomba selain diikuti oleh staf juga diikuti oleh pejabat Pemkab Tanbu sehingga lomba yang dilaksanakan berlangsung dengan seru dan menarik.
Lomba ba’asinan dimulai ketika peserta lomba yang terdiri dari 4 orang menjaga 4 orang lainnya dilapangan permainan. Masing-masing menjaga Satu orang dengan penuh konsentrasi digaris batas horisontal dan vertikal.
Setiap pemain menjaga lawannya agar tidak melewati garis selanjutnya. Setiap orang memiliki tugasnya masing-masing untuk menghalangi lawannya agar tidak melewati garis.
Permainan ini menjadi sangat mengasikkan karena penuh dengan strategi dan kecepatan berlari  dalam melewati setiap tembok yang dijaga. Tak jarang, saat permainan berlangsung para pemain ada yang terjatuh terguling – guling.
Aturan main dari Lomba ini adalah ketika pemain lawan dapat melewati penjagaan dari lawannya, maka akan diberikan satu poin oleh pihak panitia lomba.
Lomba permainan tradisional yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari dari tanggal 14 sampai 15 Agustus 2017 ini mampu menghibur dan mengundang gelak tawa para penonton. Lomba ini selain menyenangkan juga menyehatkan. (Rel/red)