Bhakti Sosial Donor Darah Peringatan HUT TNI ke 72 Kodim 0810/Nganjuk

Obsesinews.com, Nganjuk  Dalam Rangka Memperingati HUT 72 TNI Tahun 2017, Komando Distrik Militer (Kodim) 0810 Nganjuk Mengadakan Bakti Sosial Donor Darah Yang Berlangsung Di Prima Swalayan Jl. Yos Sudarso Kabupaten Nganjuk, Rabu (13/9).

Kegiatan tersebut dilaksanakan serentak di wilayah Kodam V/Brawijaya. Di wilayah Kabupaten Nganjuk sendiri diikuti oleh sekitar 235 orang yang terdiri dari 72 orang Anggota Kodim 0810 beserta jajaran, Persit 50 orang, dari FKPPI 10 orang, Anggota Polres Nganjuk sebanyak 15 orang, Subdenpom Nganjuk 2 orang dan masyarakat 75 orang.  

Pemeriksaan tekanan darah sebelum mendonorkan Darah


Peringatan HUT ke 72 TNI tahun 2017 kali ini mengambil Tema Bersama Rakyat Tni Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian. 

Tampak hadir dalam kegiatan diantaranya Komandan Kodim 0810/Nganjuk Letkol Arh Sri Rusyono, S.SE, Kasdim 0810/Nganjuk Mayor Inf Sunarko, Para Perwira Staf Kodim, Danramil jajaran Kodim 0810/Nganjuk dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIII Koorcab Rem  081 PD V/Brawijaya beserta Pengurus.

Turut juga didirikan Stand Sosialisasi Penerimaan TNI dan Polri serta PNS.  Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan bakti sosial dari berbagai rangkaian kegiatan HUT ke 72 TNI tahun 2017 yang diadakan oleh Kodim 0910/Nganjuk.

Dengan adanya acara donor darah ini, diharapkan bisa Membantu Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menumbuhkan sifat gotong royong dan toleransi di dalam masyarakat serta untuk mememlihara Kemanunggalan TNI-Rakyat guna menyiapkan ruang, alat, dan kondisi juang yang tangguh secara dini untuk kepentingan pertahanan Negara. Sedangkan donor darah itu sendiri memiliki banyak manfaat, baik bagi pendonor maupun yang penerima donor. Bagi pendonor manfaat bagi tubuhnya di antaranya mengetahui golongan darah yang bersangkutan.

Pendonor yang rutin mendonorkan darahnya setiap 3 bulan sekali dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung,   terutama pada laki  laki sebesar 30% (British Journal Heart) seperti serangan jantung koroner dan stroke karena   memungkinkan terjadinya pergantian sel darah baru, dan badan merasa sehat.(Ter810/ red)