Wabub Tanbu Bersama Wakapolres Sidak LPG 3 kg

Obsesinews.com, Tanah bumbu-Wakil Bupati Tanah Bumbu  H. Sudian Noor  bersama  Wakapolres Tanbu Kompol Noorhayat melakukan sidak kesejumlah pengecer hingga agen maupun ke Stasiun Pengisian Bahan Energi (SPBE), Kamis (11/10).

Sidak itu bertujuan  memantau perkembangan harga serta memastikan ketersediaan gas LPG ukuran  3 Kg baik di tingkat pengecer maupun agen serta SPBE tersebut.


Sasaran pertama yang menjadi pemantauan adalah pengecer LPG di kawasan Plajau Kecamatan Simpang Empat. Dilokasi itu, Wabup bersama tim yang melibatkan aparat Polres dan SKPD terkait telah menemukan kemasan tabung   LPG yang tidak standar.

Hampir semua kemasan atau penutup saluran gas di tabung itu mudah terbuka.” ini termasuk merugikan konsumen. Sementara berdasarkan aturan perdagangan,  barang harus dalam kondisi tersegel rapat,” Kata Wabup kepada pengecer di lokasi sidak. 

Tak hanya itu dia juga menekankan kepada pedagang, bahwa LPG  3 kilogram tidak boleh di jual sembarangan. berdasarkan aturan, LPG ukuran itu diperuntukan bagi orang tidak mampu. 


“Kalau ada yang masih menjual tidak sesuai sasaran dan tidak memiliki kelengkapan ijin penjualan kami akan menyita dan  menutup penjualannya,”tegasnya dihadapan pedagang LPG.

Sasaran pengecer LPG berikutnya, H. Sudian Noor menanyakan kelengkapan ijin perdagangan LPG itu. Alhasil tim juga menemukan penjualan tak sesuai ijin perdagangan. 

Kemudian Sidak mengarah ketingkat Agen serta  SPBE yang ada di kawasan Kersik Putih. 

Diapun menenkankan,” SPBE harus benar benar menghitung berapa kebutuhan ditingkat agen sesuai dengan kebutuhan masyarakat atas LPG tersebut,” pungkasnya. (Rel/red)