Penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Tanah Bumbu


Obsesinews.com, Tanah bumbu – Kabupaten Tanah Bumbu Menggelar Lomba Desa di Tingkat Kabupaten. Penilaian Dilakukan oleh Tim Evalusai Perkembangan Desa yang Terdiri Dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, PKK Kabupaten, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran.
Desa-desa yang akan dinilai ini adalah desa-desa pemenang dari seluruh kecamatan yang ada di wilayah ini. 
Penilaian dimulai pada Selasa, 13 Maret 2018 dilakukanlah rangkaian penilaian lomba desa  dengan diawali di Kecamatan Batulicin tepatnya di Desa Sukamaju.

Kepala Dinas PMD melalui Kepala Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Ichsan Shirazi,” menyampaikan kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun, secara berjenjang dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi hingga Tingkat Nasional. 

Adapun komponen utama penilaian adalah capaian penyelenggaraan pemerintahan desa selama 2 tahun berjalan yaitu 2016 dan 2017. Pada saat bersamaan juga sekaligus dilakukan evaluasi data laporan dengan yang dilaksanakan di lapangan.

Namun ada hal menarik yang terjadi pada tahun ini, menurut Ichsan, lomba desa di tingkat nasional ditiadakan oleh Kementerian Dalam Negeri dikarenakan di beberapa Daerah bertepatan dengan pemilihan kepala daerah serentak, guna menjaga suasana kondusif di daerah-daerah tersebut.

Namun lanjutnya,” jangan berkecil hati karena para pemenang di tingkat provinsi nantinya akan diundang untuk berhadir ke Pekan Imunisasi Desa yang rencananya dilaksanakan di Bali.

“Ada juga insentif pembangunan bagi pemenang lomba berupa anggaran sebesar 50 juta bagi pemenang tingkat kecamatan yang disalurkan melalui Alokasi Dana Desa,” sebut Ichsan.

Rencana kedepan, sambung Ichsan, pada tahun 2019 tim evaluasi akan melakukan peningkatan kualitas penilaian. 

“Nanti kita lebih selektif dan ketat dalam lomba desa sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Dalam Negeri. Kami akan melakukan seleksi administrasi terlebih dahulu baru setelahnya melakukan klarifikasi di lapangan,” sebutnya, seraya mengatakan jangan lagi ada kesan, pemenang tingkat kecamatan seolah-olah ditunjuk atau ditentukan bergiliran. 

Terkait lomba desa ini, Ia berharap Tanah Bumbu bisa melakukan hatrick dengan 3 tahun berturut-turut bisa menjadi pemenang lomba desa tingkat Provinsi. Karena sebagai desa pemenang, akan ada program-program baru yang akan masuk ke desa tersebut baik yang anggarannya bersumber dari APBD Provinsi maupun APBN.

Diakhir sambutannya, Ichsan berpesan agar aparat desa mengambil formulir berisi permasalahan yang ditemukan dan solusinya yang telah dicatat oleh tim evaluasi untuk dijadikan sebagai perbaikan desa kedepan nantinya,” pungkasnya.
Kades Sukamaju, Rusli menyambut hangat dan berterima kasih kepada tim evaluasi. 

“Kami menyatakan siap untuk dinilai dan siap dikoreksi. Tolong beritahu kami apabila ada kesalahan yang terjadi dalam tata cara pengelolaan desa kami selama ini,” ucap Rusli.
Hadir pula pada acara ini, Camat Batulicin Radja Aty Afrianti beserta unsur Muspika.
Camat Batulicin mengaku senang karena melalui penilaian ini mereka bisa menggali hal-hal positif yang bisa dijadikan perbaikan ke depannya. (Rel/ red)