Obsesinews.com, Kotabaru- Pemilihan Umum hanya tinggal dua hari lagi dilaksanakan. Tepatnya pada Rabu 17 April 2019, pesta demokrasi di Indonesia dilakanakan serentak tak terkecuali di Kabupaten Kotabaru.

Masyarakat akan melaksanakan pemilu dan memilih pemimpinnya tak terkecuali narapidana atau warga binaan di Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Kelas IIB Kotabaru. Semua narapidana pun punya hak suara untuk menentukan pilihannya.

Kepala Kesatuan Keamanan Lembaga Pemasyarakatan Kotabaru, Rahmad Pijati, Senin (15/4/19) mengatakan warga binaan sudah siap untuk memilih di dalam Lapas Kotabaru.

Dia mengatakan ada sebanyak 4 TPS yang disiapkan yang masuk Desa Semayap Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupten Kotabaru.

“4 TPS di Lapas yaitu TPS 46, 47, 54 dan 63. Semua itu akan dilaksanakan didalam Lapas Kotabaru oleh warga binaan yang ada, ” katanya.

Sementara itu, Kasi Pembinaan Narapidana Lapas Kotabaru, Rudi Hartono mengatakan ada sebanyak 503 pemilih yang yang sudah terdaftar.

Jumlah itu untuk 4 TPS di Lapas Kotabaru.
“Ada sebanyak 503 pemilih, DPT 39 Semayap, DPTB A5 sebanyak 42 pemilih, DPTB susulan sebanyak 422 orang setelah Peraturan Mentri, ” katanya.

Dia juga menjelaskan, dari 4 TPS itu ditempatkan satu TPS di Aula dan 3 TPS lagi bertempat di Lapangan. Semuanya disesuaikan dengan lokasi yang ada di dalam Lapas Kotabaru.

“Untuk persiapan tempat seperti papan tulis sudah kami bikin dan tinggal pasang, ada 8 buah papan tulis. Kemungkinan juga ada TPS yang mungkin menggunakan pakaian daerah, tapi belum tahu di TPS yang mana, masih dikoordinasikan, ” katanya.

Dia mengatakan untuk pemasangan dan konsep TPS masih belum dilakukan. Menurutnya, semua bisa dilaksanakan pada Selasa, sehari sebelum hari H pelaksanaan pemilu pada 17 April 2019.

“Besok kami siapkan semuanya, dan keperluan untuk TPS, “pungkasnya. (Alf/Red)