Bupati Tanbu Zairullah Azhar hadiri Musrenbang Kecamatan Karang bintang dan Mantewe

Obsesinews.com, Tanah bumbu- Bupati Kabupaten Tanah Bumbu Zairullah Azhar Hadir sekaligus membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di di Kecamatan Karang Bintang dan Mantewe, Selasa (09/03/2021).

Dalam sambutanya Zairullah Azhar mengatakan, camat dan kepala desa, harus bertempat tinggal di Kecamatannya masing-masing. Untuk rumah dinas yang tidak layak nantinya akan direhab ulang.

“Saya minta Camat dan Kepala Desa harus tetap tinggal di kecamatan, supaya bisa tahu langsung apa yang terjadi di Kecamatan atau Desanya,” kata Bupati Tanbu.

Disisi lain Zairullah sangat iri kepada camat dan kepala desa. Sebab dalam setiap harinya mereka bisa langsung bertemu dengan masyarakatnya.

” Para Camat dan Kepala Desa, mereka bisa langsung berinteraksi mendengarkan keluh kesah dan apa permasalahan yang dihadapi masyarakatnya,” tutur Zairullah gaya khas senyum ramahnya .

Terpisah Camat Karang Bintang Norhidayat mengungkapkan, penyelenggaraan Musrenbang RKPD di kecamatan antara lain, membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa yang menjadi kegiatan Prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan.

Kehadiran Bupati Tanah bumbu dalam acara Musrenbang kec. Karang bintang dan Mantewe

Ia juga menyampaikan kepada Bupati jika rumah Dinas Camat dan Kepala Desa tidak bisa ditempati karena kondisinya tidak layak huni akibat bencana banjir beberapa waktu lalu.

” Mohon maaf sesuai intruksi Pak Bupati untuk menempati rumah dinas, saat ini pihaknya belum bisa melaksanakannya, karena setiap tiga tahun sekali, banjir pasti terjadi dan menyebabkan lumpur naik sampai ke rumah,” ungkapnya.

Sementara itu, pada Musrenbang kali ini masyarakat Kecamatan Karang Bintang yaitu, meminta peningkatan fisik pembangunan, peningkatan dari segi ekonomi seperti usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan pemberdayaan masyarakat.

Adapun pengajuan Musrenbang pada tahun 2021 yang belum terlaksana, akan di jadikan prioritas di Musrenbang 2022.

“Ada beberapa usulan yang belum terealisasikan, karena kemarin pengalihan recofusing anggaran, tetapi untuk tahun 2022 diusulkan kembali, yaitu Siring, pengerasan jalan untuk pertanian,” terang Camat Karang bintang.

Demikian pada Musrenbang Kecamatan mantewe masalah yang dibahas pada Musrenbang tersebut juga tidah jauh berbeda dengan masyarakat Karang Bintang. (*/red)