Pemkab Tanbu Gelar Pelatihan Budidaya Rumput Laut Khusus Transmigran Nelayan

Pemkab Tanbu Gelar Pelatihan Budidaya Rumput Laut Khusus Transmigran Nelayan 

Foto petugas saat memberikan materi kepada para peserta pelatihan

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan Usaha Mikro (Disnakertranskop dan UM) menggelar pelatihan Budidaya Rumput Laut di Kecamatan Angsana.Peserta pelatihan adalah transmigran nelayan yang bermukim di Kecamatan Angsana, yang akan diikutsertakan dalam pelatihan yang dilaksanakan tiga kali mulai dari tanggal 1, 7, dan  8 Agustus 2018. 

Kepala Disnakertranskop dan UM, Suhartoyo, melalui Kepala Bidang Transmigrasi, Suria Sudarma, Rabu (1/8) mengatakan, “Peserta pelatihan sebanyak 10 orang yang merupakan perwakilan dari 4 Kelompok Nelayan di Pemukiman Transmigrasi Nelayan Angsana,”  tandasnya.

Melalui  pelatihan ini, diharapkan para transmigran nelayan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya tentang cara membudidayakan rumput laut, “Semoga para peserta dapat mengembangkan potensinya sehingga bernilai ekonomis bagi keluarga trans nelayan,” imbuhnya saat membuka kegiatan di Aula Pertemuan Permukiman Transmigrasi Angsana Kecamatan Angsana, Rabu (1/8).

Kepada peserta pelatihan, Suria Sudarma meminta agar peserta mengikuti pelatihan dengan penuh semangat agar dapat meneruskan pengetahuannya ke anggota kelompok lain, karena rumput laut mempunyai prospek yang bagus serta untuk pemasaran. Mereka tidak perlu khawatir karena di Kabupaten Tanah Bumbu ini telah dibangun Pabrik Pengolahan Rumput Laut PT Algae Persada di Desa Sungai Dua Kecamatan Simpang Empat. 

Sementara itu, Kepala Desa Angsana yang diwakili Sekretaris Desa, Sayyid Firdaus menyambut baik pelaksanaan pelatihan tersebut. “Melalui pelatihan ini, diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja tambahan bagi warga Kimtrans Nelayan Angsana disamping pekerjaan utama mereka sebagai Nelayan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kimtrans Angsana.” Ungkapnya.

Turut hadir pada Pembukaan Pelatihan Budidaya Rumput Laut tersebut, Kepala Bidang Transmigrasi, Kepala Seksi Pembinaan Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan Usaha Mikro, Kepala UPT Kimtrans Angsana, para Narasumber dari Dinas Perikanan dan PT Batulicin Algae Persada, serta peserta pelatihan. (Rel/red)

Share this Post :

Comments are closed.