Ketika Pesawat Jatuh, Pilot Berhasil Gunakan Kursi Pelontar

Lettu Pnb Apriyanto Ismail

Obsesinews.com, Jakarta- “Pilot berhasil melontarkan diri dari pesawat menggunakan ejection seat dan selamat,” kata Kadispenau Marsekal Pertama Fajar Adriyanto, Senin (15/06/2020)

Lettu Pnb Apriyanto Ismail dari Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru selamat dari kecelakaan karena sempat menggunakan kursi pelontar.

Terjadi kecelakaan pesawat tempur jenis BAE Hawk 209 dengan nomor registrasi TT-0209, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Pesawat tempur BAE Hawk 209 yang jatuh dan masih terbakar

Lokasi jatuh di daerah permukiman penduduk di Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, berada di 5 km dari runway 36 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

Pesawat hangus, bagian badan belakang pesawat hingga ekor yang masih utuh. Sedangkan, atap rumah warga yang terbuat dari seng terlihat porak-porandak di lokasi kejadian.

Saat kejadian warga sekitar sempat mendengar ledakan keras dan melihat ada penerjun yang menggunakan parasut.

“Penyebab kecelakaan dan informasi lainnya masih dalam proses investigasi oleh tim TNI AU,” ucap Fajar seperti dikutip dari matranews.com

TNI Angkatan Udara telah merencanakan penggantian pesawat tempur taktis Hawk 100/200 yang kini masih dioperasikan oleh Skadron Udara 1 Lanud Supadio di Pontianak dan Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin di Pekanbaru.

Secara bertahap pesawat tempur buatan BAE System, Inggris yang digunakan oleh TNI AU sejak 1995 ini akan diganti dengan pesawat baru. Pada tahun ini, pesawat Hawk 100/200 TNI AU berusia pakai 25 tahun. (***/Red)

Share this Post :

Comments are closed.