ZR Unggul Telak Hasil Perhitungan Cepat

Zairullah- Rusli saat menyampaikan sambutan atas unggulnya perhitungan cepat

Obsesinews.com, Tanah bumbu- Sudah diprediksi sejak awal, kemenangan pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati Tanah Bumbu periode 2021-2024 diraih nomor urut 3, Zairullah Azhar dan Muhammad Rusli (ZR).

Pasalnya, dari dimulai tahapan kampanye hingga perhitungan suara paska pencoblosan, Rabu (9/12), keunggulan Zairullah – Rusli tak bisa terbendung.

Dari hasil perhitungan cepat (quick count) sementara dari sejumlah lembaga survey, paslon ZR unggul telak dari dua rivalitasnya. Seperti lembaga survei Jaringan Suara Indonesia (JSI), merilis secara online, keunggulan ZR berada dikisaran 57, 94 %. Jauh meninggalkan lawan terberatnya paslon 01, Syarifuddin H. Maming (SHM) – Muhammad Alpiya Rahman (MAR) yang cuma mendapatkan 39, 72 % suara.

Sedangkan paslon nomor urut 02, Mila Karmila – Zainal Ariffin mampunya diangka 2, 33 persen lebih. Hasil sementara ini dirilis secara online terpantau pada pukul 19.00 WITA, dengan estimasi suara masuk tabulasi data sementara 96, 25 %.

Hal tersebut disampaikan Supervisor Survey Jaringan Suara Indonesia (JSI), Mulyadi, di Hotel Grand Central Batulicin, Tanah Bumbu, Rabu (9/12/20) petang.

“Dari hasil perhitungan versi quick count ini, pasangan Zairullah Azhar – M. Rusli sudah bisa dipastikan unggul jauh dibandingkan paslon lainnya,” kata Mulyadi didepan awak media.

Ia menyebutkan, metode Quick Count yang digunakan, random sampling sebanyak 240 dari 651 TPS yang ada di Tanah Bumbu. Sehingga akurasinya sangat tinggi karena hampir semua mewakili wilayah dan kecamatan di lokasi tersebut.

“Hasil selisih seperti ini biasanya tidak akan jauh dari hasil real nantinya, apalagi margin erornya hanya sekitar 1 persen saja hasil realnya hampir sama saja sehingga tidak akan berubah jauh,” lanjutnya.

Meski demikian, bukan berarti dirinya menyebutkan paslon 03 sebagai pemenang, tapi sudah jauh unggulnya dibanding dua rivalitasnya.

Mulyadi menambahkan, dari survei Jaringan Suara Indonesia (JSI), tingkat partisipasi mencapai 81, 84 %.

“Partisipasi masyarakat Tanah Bumbu dalam pilkada mencapai angka 80 persen lebih, ini cukup tinggi partisipasi pemilih yang datag ke TPS,” pungkasnya.

Sementara suasana gedung Liana sendiri begitu ramai dengan kehadiran Tim Pemenangan dan Relawan, mendampingi paslon ZR yang menonton bareng siaran langsung hasil quick count disalah satu televisi nasional.

Panglima Dozer, Relawan ZR, Rully Rozano, mengaku pihaknya sangat bersyukur atas hasil sementara perhitungan cepat ini. Ia optimis angka ini tak akan berubah hingga perhitungan final real count di KPU nanti.

“Kami akan terus memantau perkembangan perhitungan suara hingga hasil final. Tim dan relawan tetap berdoa perolehan suara ini tidak berubah hingga akhir untuk kemenangan ZR,” ucap Rully disela menyaksikan siaran langsung quick count sejumlah lembaga survei di Posko Induk Pemenangan ZR di Gedung Liana.

Usai menyaksikan nonbar quick count, paslon nomor urut 3, Zairullah Azhar dan Muhammad Rusli yang dinyatakan unggul telak dalam perhitungan cepat versi sejumlah lembaga survei, langsung sujud syukur. Keduanya disambut haru seluruh pendukungnya yang hadir di gedung Liana.

“Saya kira hari ini kita akan mengawali sebuah perjalanan baru, kita hilangkan sekat selama ini yang ada 01, 02, 03. Yang ada Tanah Bumbu, karena itu yang kita butuhkan untuk pembangunan,” ucap Zairullah didampingi M. Rusli dan para pendukungnya.

Ia berharap dukungan semua pihak, agar kedepan bersama-sama mewujudkan Tanah Bumbu yang maju dan diridhoi Allah SWT.

Cawabup Muhammad Rusli menambahkan, mengucapkan terima kasih atas dukungan tim, relawan dan semua pihak yang terlibat dalam kerja keras berjuang memenangkan paslon 03.

“Kami berharap semua tim yang sama-sama berjuang mengantarkan ZR menuju kemenangan, agar mengawal amanah yang diemban ini, untuk kemajuan Tanah Bumbu kedepan,” pungkasnya. (***/Red)

Share this Post :

Comments are closed.