Bupati Zairullah Azhar Buka RPJMD Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2021-2026

Bupati Zairullah Azhar Buka RPJMD Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2021-2026

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar membuka secara langsung Musrenbang Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026 yang bertempat di Gedung Mahligai Bersujud Kapet, Sabtu (19/06/2021).

Kegiatan Musrenbang tersebut dihadiri oleh seluruh Kepala SKPD, Camat, Kepala Desa se-Tanah Bumbu serta perwakilan instansi vertikal dan organisasi kemasyarakatan.

Ketua Panitia sekaligus Kepala Bappeda Tanah Bumbu Andrianto Wicaksono menyampaikan, tujuan dari pelaksanaan kegiatan Musrenbang RPJMD ini adalah dalam rangka penajanan, penyelarasan, klarifikasi terhadap tujuan dan sasaran arah strategi kebijakan program pembanguanan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD tahun 2021-2026.

“Adapun harapannya melalui Musrenbang ini keluar berupa kesepakatan dari semua pihak yang berkepentingan berkenaan dengan misi, tujuan dan sasaran strategi arah kebijakan RPJMD Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2021-2026 yang nantinya akan dituangkan dalam nota kesepakatan Muserenbang pada hari ini,” kata Kepala Bappeda.

Sementara itu Ketua DPRD Tanah Bumbu H Supiansyah ZA juga menyampaikan beberapa hal dalam pelaksanaan Musrebang RPJMD 2021-2026, diantaranya penyusunan program kerja seluruh SKPD harus sesuai dengan Visi Misi Bupati Tanah Bumbu, sehingga pelaksanaan program pemerintah dapat terlaksana dengan baik.

Ketua DPRD juga menyarankan kepada Bupati agar beberapa desa tertinggal di wilayah perbatasan menjadi prioritas program pembangunan baik itu infrastruktur, kesehatan, pendidikan, pertanian dan perikanan agar ekonomi diwilayah desa tertinggal dapat meningkat.

Selain itu ketua DPRD juga berharap pemerintah daerah membangun bundaran di wilayah Kecamatan Simpang Empat yang menjadi daya tarik atau ikon bagi yang datang ke Tanah Bumbu.

Bupati Tanah Bumbu H.M Zairullah Azhar dalam sambutanya mengatakan, pelaksanaan Musrenbang tersebut merupakan agenda strategis dalam rangka memmbahas program pembangunan daerah lima tahunan yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD.

Bupati juga berharap melalui RPJMD tersebut nantinya Tanah Bumbu dapat bangkit dan melampui harapan serta capaian daripada RPJMD yang telah lalu.

Terlebih untuk mewujudkan visi misi Kabupaten Tanah Bumbu yang sesuai dengan Bupati dan Wakil Bupati, maka dijabarkan kedalam tujuan dan sasaran yang dilengkapi dengan indikator tujuan dan sasaran, hingga akhirnya akan diimplementasikan melalui program dan kegiatan pembangunan dengan indikator kinerja yang terukur.

“Hari ini awal saja, tapi kita simpulkan serta kita rumuskan dan oleh sebab itu saya harapkan kepada Bapak dan Ibu semua peserta Musrenbang tolong berikan sumbangan pemikiran Insya Allah demi kebaikan masa depan anak dan cuci kita kelak,” kata Bupati.

Sebagai salah satu rujukan penting dalam perencanaan pembangunan daerah lima tahunan, rumusan strategi akan mengimplementasikan bagaimana sasaran pembangunan akan dicapai dengan serangkaian arah kebijakan dari pemangku kepentingan.

“Untuk itu saya minta kepada seluruh SKPD yang berhadir agar bersungguh sunggu mengikuti kegiatan musrenbang ini sehingga apa yang menjadi program prioritas SKPD dapat terlaksana dengan baik,” tandasnya. (*/Red)

Share this Post :

Comments are closed.