Lambatnya SKPD Tanbu Serahkan Laporan Akhir Tahun

Kepala BPKAD Rooswandi Salem Bersama Wakil Bupati Tanbu

Obsesinews.com,Tanah Bumbu-Rapat Sosialisasi Kebijakan Dana DAK Dan Penyalurannya Oleh BPKAD Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Tanah Bumbu, kamis (02/3) di Gedung Mahligai Bersujud Kapet kecamatan Simpang empat.
Dalam kegiatan tersebut dihadiri Staff Kementrian Keuangan, SKPD, Camat dan Para staff SKPD, Sebagai nara sumber Beny Trias Oktora Kabid Perencanaan DAK Fisik Kementrian Keuangan.

Dalam ulasannya dihadapan seluruh pejabat SKPD secara garis besar memberikan penjelasan terkait tehnis kebijakan DAK dan Penyalurannya.

Rooswandi Salem,M.Sos.MM.Kepala BPKAD Kab. Tanbu, dalam sambutannya dihadapan seluruh pejabat SKPD dan jajarannya mengatakan,” Dalam rangka pemahaman tatakelola DAK dan penyaluranya, Sebelumnya Pemerintah Kab.Tanbu di Th 2016,  11 SKPD yang mendapatkan  DAk lalu di Th 2017 Kab.Tanbu mendapatkan lagi  8 SKPD yang memperoleh DAK.

Dijelaskan,”Namun pada Th 2016,ada sedikit perbedaan pemahaman SKPD dengan kebijakan yang ditetapkan kementrian terkait perubahan mekanisme penyaluran DAK fisik dan dana Desa Th 2016  oleh pihak dirjen perbendaharaan kementrian.

“Hal ini membuat dampak pengelolaan APBD yang luar biasa di akhir tahun ,karena laporan dari SKPD tidak bisa optimal 100 persen, tidak sesuai yang di harapkan sehinga kegiatan fisik diakhir tahun ada yang tidak bisa di bayarkan.

“Karena pencairan dana dari kementrian terkait DAK fisik bisa dicairkan atau di bayar sesuai progres pekerjaan,”jelas Rooswandi.

Ditambahkan,”Hal ini lah yang menjadi catatan SKPD kedepan agar di Th 2017 jangan sampai terulang kembali.Bagi SKPD Th 2017 harus lebih memahami tatacara  proses penyaluran dan usulan agar dana bisa terserap dengan maksimal,” tandasnya.(Ag/ red)

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply