Pelopori Dan Ajak Masyarakat Ciptakan Stabilitas Nasional 

*Lewat Khotbah Jum’at Anggota Koramil 0810/05 Peltu Sholihin Mengajak Warga Ciptakan Stabilitas Nasional

Anggota Koramil juga Ustad Ajak Warga Ciptakan Stabilitas Nasional

Obsesinews.com,Nganjuk- Peltu Sholihin Sosok yang akrab dipanggil “ Pak Ustadz ” ini sehari- harinya Berdinas di Koramil 0810/05 Sawahan sebagai Bati TUUD. 
Tingginya pengetahuan agama yang dimiliki, membuat Peltu Sholihin sering diundang untuk menyampaikan khotbah di masjid Makodim 0810/Nganjuk bahkan di masjid-masjid yang lain.

Sama halnya yang terjadi dalam rangkaian safari Jum’at yang dipimpin oleh Kapten Inf Sutijan Danramil 0810/05 Sawahan di masjid At-Thoyibah desa Margopatut kecamatan Salahkan Kabupaten Nganjuk. 

Pada kesempatan tersebut, Peltu Sholihin menyampaikan khotbah yang bertemakan “ Dengan membangun kerukunan umat beragama kita ciptakan stabilitas nasional ”.
Dalam khotbahnya, Peltu Sholihin mengatakan, “ Islam adalah Agama yang diturunkan oleh Allah SWT kepada nabi Muhammad SAW untuk mengatur interaksi manusia dengan Tuhannya, dirinya dan sesamanya. 

“Allah menciptakan manusia untuk saling menghormati dan menghargai sesama manusia dan sesama umat beragama. Seperti apa yang telah difirmankan oleh Allah SWT di dalam surat Al Hujurat : 13 yang artinya : Hai manusia, sesungguhnya Aku ciptakan kamu dari seorang laki – laki dan seorang perempuan dan Aku jadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku – suku supaya kamu saling mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi-Ku adalah orang yang paling bertaqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah maha mengetahui lagi maha mengenal.

“ Dari ayat diatas kita memperoleh pengertian bahwa manusia di dunia ini hakikatnya adalah satu. Tempat berpijak yang berbeda menyebabkan tumbuhnya berbagai adat istiadat dan cara berfikir yang berbeda sehingga tidak mustahil terjadi benturan-benturan, pertikaian dan perselisihan diantara mereka. Hal inilah yang merupakan salah satu sebab diangkatnya para utusan Allah. Allah berfirman di dalam surat Ali Imran ayat 103 yang artinya: Dan berpegang teguhlah kamu semuanya kepada tali agama Allah dan janganlah kamu bercerai berai,” lanjut Peltu Sholihin dalam khotbahnya.
“ Di ayat lain dijelaskan bahwa orang-orang yang senantiasa bersatu di dalam agama Allah serta menjauhkan diri dari perpecahan adalah benar-benar orang yang mendapatkan petunjuk sebagaimana firman Allah SWT di dalam surat Ali Imran : 101 yang artinya : Barang siapa yang berpegang teguh pada agama Allah, maka sesungguhnya ia telah diberi petunjuk pada jalan yang lurus,” tegas Peltu Sholihin.
Lebih lanjut, dalam khotbahnya Peltu Sholihin mengatakan, “ Tiga ayat diatas jelas memberikan arah yang lurus agar manusia senantiasa bersatu di dalam umat  beragama dan untuk mewujudkan kemakmuran NKRI berdasarkan keadilan perdamaian dan saling menghormati serta persatuan yang penuh ampunan dan ridho dari Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda yang artinya: kamu akan melihat orang- orang yang beriman dalam rasa saling menyayangi, saling mencintai, saling mengasihi bagaikan satu tubuh. Apabila satu anggota tubuh sakit maka tertariklah bagian anggota tubuh yang lain ikut merasakan sakit dengan tidak dapat tidur dan badan panas ikut merasakan panas,” pungkas Peltu Sholihin.
Sholat Jum’at yang dilaksanakan pada hari Jum’at ( 17/02 ) tersebut dihadiri tidak kurang dari 100 orang jama’ah. Tampak hadir dalam pelaksanaan sholat Jum’at tersebut Kapten Inf Sutijan Danramil 0810/05 Sawahan beserta anggota Koramil 0810/05 Sawahan, Kepala Desa Margopatut beserta perangkatnya dan masyarkat desa Margopatut kecamatan Salahkan Kabupaten Nganjuk. ( ed’s 0810/ks/red

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply