​Kodim 0810/Nganjuk Gelar Latihan Posko Fungsi OPMS

Latihan Posko penanggulangan Bencana

Obsesinews.com,Nganjuk- Dalam Undang – Undang RI No. 34 tahun 2004 disebutkan bahwa tugas pokok TNI pada prinsipnya ada tiga, yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah dan melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan.  Tugas pokok tersebut dilaksanakan melalui Operasi Militer untuk Perang ( OMP ) dan Operasi Militer Selain Perang ( OMSP ).

Di dalam OMSP terdapat 14 butir tugas yang telah dirinci. Salah satunya adalah membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.
Agar pelaksanaan tugas tersebut bisa berjalan dengan baik dan lancar hingga memperoleh keberhasilan maka perlu diadakan latihan yang terencana, terarah, bertahap, bertingkat dan berlanjut.
Bertempat di Makodim 0810/Nganjuk seluruh Perwira dan anggota Staf Kodim 0810/Nganjuk melaksanakan Latihan Posko I TA. 2017 dipimpin Letkol Arh Sri Rusyono S, S.E. Dandim 0810/Nganjuk, Senin ( 22/05 ).
Latihan Posko bertujuan untuk membentuk dan memantapkan Prajurit maupun Satuan Kewilayahan yang profesional dalam melaksanakan tugas dan melatih serta meningkatkan prosedur hubungan antara Komando dan Staf demi kelancaran dan sinergitas pelaksanaan tugas baik yang terprogram maupun yang tidak terprogram.
Adapun sasaran Latihan Posko yang harus dicapai yaitu mampu melaksanakan kegiatan prosedur hubungan komandan dan staf sesuai mekanisme yang berlaku, mampu melaksanakan komando pengendalian dalam satuan operasi bantuan kepada pemerintah daerah, mampu melaksanakan koordinasi dengan aparat terkait, mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat dalam menghadapi persoalan di lapangan, terlaksananya penyiapan dan aplikasi rencana operasi dan protap satuan, terlaksananya komando, kendali komunikasi dan informasi secara optimal.
Untuk mencapai tujuan dan sasaran sesuai yang diharapkan maka skenario latihan harus dibuat mendekati situasi dan kondisi sebenarnya yang mungkin terjadi di lapangan. Pada Latihan Posko yang akan dilaksanakan selama 3 hari ini Kodim 0810/Nganjuk dihadapkan dengan skenario tentang penanggulangan bencana tanah longsor yang rawan terjadi di wilayah Kodim 0810/Nganjuk.  (ed’s810/red)

Share this Post :

Comments are closed.