Tingkatkan Sinergisitas Musrenbang RPJMD Digelar Di Aula Kodim 1022/TNB

Sekda Tanbu Sampaikan sambutan Bupati, dan penyerahan pokok-pokok pikiran DPRD oleh Ketua DPRD Tanbu

Obsesinews.com, Tanah bumbu- Badan Perencaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tanah Bumbu Menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2016 – 2021 di Aula Kodim 1022 Tanah Bumbu, Senin (05/11).

RPJMD Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2016 – 2021 ini merupakan penjabaran lima tahun ke-3 dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Tanah Bumbu 2006–2025, termasuk dalam Peraturan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Nomor 16 Tahun 2011, tentang RPJPD Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2006–2025. Ini berarti, Kabupaten Tanah Bumbu sudah melewati 3 kali tahapan RPJMD.

Tampak Hadir dalam kegiatan tersebut, Bappeda Prov Kalsel, Ketua DPRD H. Supiansyah, Sekretaris Derah Kabupaten Tanah Bumbu H. Rooswandi Salem, M.Sos, MM, PasiTer Kodim 1022/Tnb, Danki B 623/ Bwu, Polres Tanah Bumbu, Para Asisten, Para Staf Ahli, Para Camat seTanah Bumbu, dan Para Pimpinan Bank di Kabupaten Tanah Bumbu.


Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan dalam sambutannya yang dibacakan I Gede Suardika, M.Si Fungsional Perencana Madya mengatakan,” sebagai bahan pertimbangan dan informasi lebih lanjut dari RPJMD Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2016-2021 perlu kiranya memperhatikan capaian beberapa indikator pembangunan kabupaten sebagai dasar untuk merumuskan tujuan, sasaran, strategi arah kebijakan dan program pembangunan daerah.


I Gede Suardika menambahkan,” pengembangan bersama antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten / Kota akan terus diupayakan agar lebih baik lagi, salah satunya dilakukan sejak awal RPJMD yang telah dirumuskan dalam nota kesepakatan antara DPRD dan Kepala Daerah, dilanjutkan dengan konsultasi ke Provinsi untuk mendapatkan masukan terhadap pembentukan awal RPJMD Kabupaten / Kota, sehinga terjadi keterpaduan dan sinergitas pembangunan antara pemerintah Provision dengan Pemerintah Kabupaten / Kota,” pungkasnya.

Para undangan yang turut Hadir


Dalam kesempatan terpisah Ketua DPRD Kabupaten Tanah Bumbu H. Supiansyah dalam sambutanya mengatakan,” DPRD Tanah Bumbu sangat penting memberikan masukan kepada Bupati dan seluruh SKPD dalam pelaksanaan RPJMD secara keseluruhan untuk memberikan contoh visi misi misi dalam wilayah masa jabatan. Oleh sebab itu kebijakan pembangunan berdasarkan RPJMD Perubahan Tahun 2016-2021 harus dilakukan secara komprehensip, terpadu dan menyeluruh serta mengedepankan keterlipatan masyarakat secara aktif,” katanya.


Sambutan Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor memalui Sekretaris Dearah H. Rooswandi Salem, M.Sos, MM juga mengatakan,” dalam perjalanan menuju ke – 3 ini, dilakukan evaluasi terhadap pelaksanan RPJMD, dan berdasarkan hasil evalusi tersebut, maka diperlukan untuk mengolahnya. dan tatacatar berpedoman pada peraturan yang berlaku berlaku.


“Musrenbang RPJMD Perubahan Kabupaten Tanah Bumbu 2016-2021 ini bertujuan untuk mempertajam, meyelaraskan, klarifikasi dan penyelesaian terhadap tujuan, sasaran, strategi Arah kebijakan dan program pembangunan daerah, yang telah dirumuskan dalam penyusunan RPJMD Perubahan Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2016-2021,” pungkas Sekda.

Pada Kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan Pokok-pokok Pikiran DPRD oleh Ketua DPRD kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu. (Rel/red)

Share this Post :

Comments are closed.