PT. BIB Bersama Distan Tanbu Berdayakan Masyarakat Melaui Tanam Padi Organik

kegiatan tanam Perdana Padi Organik CSR. PT.BIB

Obsesinews.com, Tanah bumbu- PT. Borneo Indo Bara (BIB) Bersama Pemeritah Daerah Tanah Bumbu Turut Mensukseskan Program Pemerintah Pusat Terkait Swasembada Pangan, Dengan Memberikan Pelatihan cara Bercocok Tanam Dan Pengolahan Lahan Serta Membatu Menyediakan Bibit Padi Organik Untuk Petani.

Hingga Saat ini Sudah ada beberpa kelompok tani tiga Desa di tiga Kecamatan di wilayah kabupaten Tanah bumbu telah mendapatkan pelatihan budidaya dan penanaman Padi Organik dimana PT. BIB mendatangkan tenaga ahli dan ditempatkan di masing masing desa tersebut untuk melatih cara budidaya penanaman serta pengolahan lahan juga memberikan bibit padi kepada kelompok tani dimasing masing desa tersebut.

Seperti kegiatan Tanam Perdana Padi Organik yang dilaksanakan di Desa Tibarau Panjang Kecamatan Kusan hulu, Rabu (06/3).
Terdapat 3 kelompok tani yang telah diberikan pembekalan juga diberikan bibit untuk membudidayakan Padi Organik dimana cara penanaman dan perawatan tidak menggunakan kimia juga non vestisida.

menurut tenaga ahli yang didatangkan PT. BIB untuk melakukan pelatihan,” cara tanam padi organik juga cukup mudah penanaman juga tidak perlu dalam dan lebih efesien karena sistem tanam tunggal serta hasil panen diperkirakan mencapai 6 hingga 7 ton setiap hektarnya dengan umur padi sama dengan padi yang biasa ditanam para petani yaitu 120 hari bisa dipanen,” jelas Iwang Konsutan pertanian PT.BIB kepada media.


Ketika membuka kegiatan tersebut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanah bumbu H.S.Budi mengatakan,” pihaknya mewakili pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada PT.BIB dimana program Pilot projeck CSR PT.BIB memalui padi organik yang terintegrasi pariwisata sangat membatu masyarakat tanah bumbu seperti yang saat ini dilaksanakan.

“jika mengalami kendala serta membutuhkan bantuan silahkan berkoordinasi pihaknya siap membatu sarana prasarana juga petugas PPL yang dimiliki Distan Tanbu,” ungkap H.S.Budi sebelum melakukan tanam perdana padi organik.

Dalam sambutan terpisah General Manager Mine Plant Management PT.BIB Dede Widjanarko mengatakan,” diharapkan melaui kegiatan kegiatan tersebut bisa membatu dan memberdayakan Masyarakat, meskipun nantinya sudah tidak ada perusahaan masyarakat sekitar tetap bisa berkarya dan kehidupan ekonomi masyarakat tetap berjalan seperti biasanya,” pungkas Widjanarko.

Tampak hadir dalam acara tersebut GM. Mine plant management PT. BIB bersama Staff, Kadistan Tanbu H.S.Budi Beserta jajaranya, Camat Kusan Hulu Drs. Herlambang, Danramil 1022-03/Khu Kapten Inf Wahyono bersama anggota Koramil, Babinsa, PPL kec. Kusan hulu, Kades Tibarau Panjang, para kelompok tani,dan masyarakat sekitar. (red)

Share this Post :

Comments are closed.