Forkompinda Tanbu Gelar Deklarasi Netralitas Dalam Pilkada dan Anti Anarkisme

Deklarasi bersama Netralitas ASN,TNI-Polri Kabupaten Tanbu

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) berkomitmen menjaga netralitas sebagai penyelenggara Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) mendatang.

Hal tersebut ditegaskan melalui digelarnya Deklarasi Bersama yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tanbu H. Rooswandi Salem didampingi pimpinan Forkopimda bertempat di Halaman Mapolres Tanah Bumbu, Kamis (22/10/2020).

Dandim 1022/Tnb dan Sekda Tanbu saat menandatangani Deklarasi Damai dan anti anarkisme

Deklarasi tersebut melibatkan berbagai unsur diantaranya Pemerintah Daerah, Polres Tanbu, Kodim 1022/Tnb, KPU, Bawaslu , Kejari dan Pengadilan Negeri.

Dalam kesempatan tersebut Forkompinda tidak hanya mendeklarasikan tentang netralitas, melainkan Forkompinda dengan bersama elemen masyarakat juga mendeklarasikan agar penyelenggaraan Pilkada dapat berjalan dengan damai dan anti anarkisme..

Kapolres Tanbu AKBP Himawan Saragih usai kegiatan kepada awak media mengatakan, “Saya menegaskan Polres Tanbu untuk bersikap netral dalam Pilkada di Kabupaten Tanah Bumbu, hal ini sesuai dengan tugas pokok kami yaitu melakukan pengamanan,” ungkap Himawan.

Dirinya menambahkan bahwa pihaknya telah bersiap untuk menjaga keamanan dan ketertiban TPS yang ada untuk memastikan proses kegiatan Pilkada berjalan dengan lancar, aman, dan tertib.

Seluruh elemen masyarakat deklarasikan Damai dan anti anarkisme

“Dan pastinya kami dari Polri juga akan bersinergi dengan TNI dan Satpol PP.untuk menjaga berjalannya pesta demokrasi di Bumi Bersujud,” katanya.

“Untuk itu Kapolres juga menghimbau kepada anggotanya untuk disiplin menjalankan tugasnya dan tetap taat dengan peraturan yang berlaku,” Tandas Kapolres Tanbu

Dalam kesempatan terpisah Dandim 1022/Tanah Bumbu Letkol Cpn Rahmat Trianto,M.Si,M.Tr (Han) juga menyampaikan, “Deklrasi ini adalah untuk memberikan rasa kepercayaan kepada masyarakat di Tanah Bumbu bahwa ASN, TNI dan Polri tidak memihak siapapun kepada salah satu paslon dalam Pilkada 2020 ini,”

Oleh karena itu Dandim mengungkapkan bahwa dirinya telah menegaskan kepada prajurit TNI Kodim 1022/Tnb untuk menjunjung tinggi netralitas dalam Pilkada dan menghindari apapun segala bentuk kegiatan politis.

“Terkait pengamanan tentu kami dari Kodim 1022/Tnb telah melakukan persiapan, dan dari 7 Koramil yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu sampai saat ini pantauan situasi masih dalam keadaan kondusif dan aman,” pungkas Rahmat. (Fer/red)

Share this Post :

Comments are closed.