Masyarakat Kotabaru Merasakan Goncangan Diduga Akibat Gempa di Sulbar

Masyarakat Kotabaru Merasakan Goncangan Diduga Akibat Gempa di Sulbar

Obsesinews.com, Kotabaru – Gempa bumi yang terjadi di Provinsi Sulawesi Barat berkekuatan 5.9 sr, sekitar pukul 13.35.49 detik,

Sesuai Surat Edaran dari Kepala Stasiun Badan Meteorologi Majene Sulawesi Barat Agus, dengan nomer Surat Permakluman no. GF. 00.00/001/KMJE/I/2021, gempa bumi yang terjadi di lintang 2.99 Ls.Bujur 118.89 Bt, 4 Km Barat Laut Maneje, Sulawesi Barat dengan kekuatan 5.9 Skala Richter dan tidak berpotensi tsunami, sesuai hasil pemeriksaan hasil seismologis. Kamis 14 Januari 2021.

Terjadinya gempa bumi di wilayah Sulawesi barat juga terasa di Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan, khususnya daerah posisir pantai.

Seperti yang dialami Mila pegawai di kantor PLUT-KUMKM Kotabaru, yang belamatkan di Kompleks PPI, Desa Stagen, Kecamatan Pulaulaut Utara, Kabupaten Kotabaru, Kalael dengan rekan-rekan sejawadnya langsung berhamburan keluar ruangan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Sementara kami lagi bekerja, tiba-tiba ruangan kantor terasa bergoyang. Spontan berteriak gempa…, gempa.. gempa langsung kami lari keluar ruangan untuk mengamankan diri. Gempa tersebut tidak berlangsung lama”, ucapnya.

Begitu juga yang dialami Ateng, karyawan Dinas Kelautan yang lagi asyik bekerja juga mengatakan, gempa yang terjadi cukup terasa tapi tidak berlangsung lama,sebentar saja.

Akibat gempa para karyawan panik dan berhamburan keluar ruangan untuk mencari aman dan perkantoran pun tidak mengalami kerusakan.

“Gempa bumi baru saja terjadi, beberapa menit kemudian karyawan kembali masuk kantor karena sudah dianggap aman”, pungkas Ateng.

Hal terjadinya goncangan yang dirasakan warga Kotabaru dibenarkan Kepala BMKG Kotabaru Toni Kurniawan melalui Petugas Pelayanan Informasi Stasiun Meteorologi Gusti Syamsir Alam, Hairul Zukifli membenarkan kejadian tersebut.

“Gempa susulan masih bisa terjadi, dimana biasanya kekuatan gempa susulan lebih kecil dari gempa utamanya,” kata Hairul

Ia menambahkan gempa utama berada di 4 km Barat Laut, . Di Kotabaru sendiri potensi terjadi gempa kecil. (Rzq/red1)

Share this Post :

Comments are closed.