Setiap Bulan, Desa Sumber Baru Rutin Adakan Khataman Al-Quran

Setiap Bulan, Desa Sumber Baru Rutin Adakan Khataman Al-Quran

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Desa Sumber Baru, Kecamatan Angsana memiki kegiatan keagamaan yang rutin dilaksanakan di setiap malam ke-15 (lima belas) di setiap bulan penanggalan hijriah.

Kegiatan tersebut ialah Khataman Al-Qur’an yang dilakukan Pemerintah Desa Sumber Baru bersama warga masyarakat sekitar.

Kepala Desa Sumber Baru Dwi Purnani pada Jumat (19/11/2021) malam, menyampaikan bahwa kegiatan Khataman Al-Qur’an di Desa Sumber Baru ini merupakan kegiatan yang sudah berjalan selama 7 tahun.

“Terlebih apa kami lakukan ini juga untuk mendukung program Bapak Bupati Tanah Bumbu dalam mewujudkan Tanah Bumbu menjadi Serambi Madinah,” jelas Dwi.

Adapun pelaksanaan kegiatan diawali dengan Salat Magrib secara berjamaah yang kemudian diteruskan dengan Salat Hajat secara berjamaah dan dilanjutkan dengan Khataman Al-Qur’an.

Sebagai bentuk komitmen bersama kegiatan ini juga turut melibatkan PHBI Desa Sumber Baru, BPD Sumber Baru, PKK Sumber Baru dan serta seluruh aparat serta staf desa termasuk Kades, Sekdes, Bendaraha Desa, Kasi Kesejahteraan serta Kepala Dusun 1 dan 3.

“Karena kami ingin sebagai pelayan masyarakat harus mampu menjadi contoh di tengah-tengah masyarakat yang kita layani,” tegas Dwi.

Selain itu Dwi juga menambahkan bagi aparat desa yang tidak hadir dalam kegiatan ini akan menjadi catatan khusus untuk kemudian dibina serta dijadikan bahan evaluasi.

“Kami selaku Pemerintah Desa malu kalau masyarakat saja hadir masa staf desa sebagai pelayanan masyarakat tidak malu karna tidak hadir di kegiatan masyarakat seperti ini, di samping dapat pahala sebagai staf desa harus bisa memberi contoh dengan warga nya,” pungkasnya.

Dwi juga berharap melalui Khataman Al-Qur’an yang sudah 7 tahun dirintis oleh Kepala Desa Sumber Baru saat itu yakni Zainal Arifin, dapat meningkatkan ketakwaan serta keimanan masyarakat terlebih dalam meneladani nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Diketahui Ustadz Zainal Arifin selaku Ketua MUI Kecamatan Angsana, juga berhadir dalam kegiatan ini dan ikut membantu memfasilitasi terselenggaranya kegiatan. (**/Red)

Share this Post :

Comments are closed.