Gebyar Paud Cinta Negeri Dengan Melestarikan Kesenian Tradisional

Wakil Bupati Madiun Dalam Sambutannya

Obsesinews.com,Madiun-Gebyar Paud Kabupaten Madiun Digelar di Alun-Alun Mejayan Kab. Madiun, Senin (14/11) Dengan Dihadiri Oleh Wakil Bupati Madiun, Ketua DPRD, Sekda, Asisten Administrasi Umum Sekda, Kepala SKPD Terkait, Muspika Kecamatan Mejayan, Bunda Paud, Ketua forum Paud Kab. Madiun.

Pentingnya Pendidikan Dalam hidup dan kehidupan manusia telah menjadikannya sebagai salah satu kebutuhan pokok manusia, salah satu kebijakan pemerintah di sector pendidikan yang mendukung pendidikan anak usia dini ( PAUD). Sebagaimana tertulis pada pasal 28 ayat 1 undang –undang nomor 20 tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional. Dalam dunia pendidikan peran pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menduduki posisi yang strategis.

Dalam Sambutannya Wakil Bupati Madiun Drs. H.Iswanto menyampaikan bahwa paud berfungsi untuk membina, menumbuhkan, dan mengembangkan seluruh potensi anak Usia dini yaitu anak usia 0 sampai 6 tahun, secara Optimal Sehingga terbentuk perilaku dan kemempuan dasar sesuai dengan perkembangan agar memiliki Kesiapan untuk memasuki jenjang Pendidikan Selanjutnya.

Rangkaian Acara Gebyar Paud

Masih dalam sambutannya wakil Bupati Madiun menyampaiakan bahwa peran orang dewasa, dalam hal ini orang tua maupun pendidik sangat pemting dalam merangsang kemempuan anak Menyerap dan menerapkan informasi yang di terima.

Perlu diketahui program PAUD pertama kali dicanangkan di kab. Madiun tahun 2003 dan mengalami perkembangan yang sangat pesat, sampai dengan tahun 2016 jumlah lembaga PAUD di Kab.Madiun Sebanyak 708 Lembaga dan telah melayani 20.627 Anak Usia dini.


Adapun Kegiatan Dalam Rangka Program Kerja Forum Paud Kab.Madiun Tahun 2016, Menyelenggarakan Gebyar PAUD dengan Kegiatan Tari Angklung berkolaborasi dengan Dongkrek sebagai Wujud Pelestarian Kebudayaan Tradisional yang diikuti 6000 anak Usia dini dan ibunya. Dengan harapan bias merangsang Perkembangan anak Usia Dini  yang meliputi Fisik dan non Fisik agar dapat Tumbuh dan berkembang sebagai Anak sehat, kuat , cerdas, ceria dan berbudi luhur serta menjalin hubungan yang harmonis antara anak, Pendidik Serta Orang Tua.


Dalam Kesempatan Yang sama Ketua Forum PAUD Kab. Madiun  Lis Iswanto,S.Sos Melaporkan, Pelaksanaan kegiatan Gebyar PAUD 2016 sebagai tidak lanjut pelaksanaan Program Kerja Forum Paud Kab Madiun 2016. Adapun Kegiatan Gebyar paud ini bertujuan Menjalin Kerjasama Antara Dinas Pendidikan dan Organisasi mitra untuk pengembangan program PAUD, Meningkatkan kreatifitas Pendidik Paud dalam melibatkan Peran Orang Tua pada pembelajaran Paud,.


Disamping itu Gelar paud ini bertujuan mengenalkan seni tradisional pada anak didik dan masyarakat melalui tari angklung, mengurangi porsi pembelajaran akademik( Baca, Tulis, Hitung), serta mendorong pendidik memperkaya pembelajaran dengan budaya.


Dalam Laporannya Ketua Forum Paud Kab.Madiun Juga menyampaikan bahwa terselenggaranya gebayar PAUD 2016 ini terlaksana karena adanya kerjasama antara HIMPAUDI dengan Forum PAUD Kab.Madiun.

Gebyar Paud mengikut sertakan   kurang lebih 6000 peserta terdiri dari anak-anak, guru, orang tua dengan menampilkan berbagai atraksi tari angklung, senam GemuFamire, Senam Pinguin. (Rel/ red)

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply