Harjad Tanbu Ke- 16; Keberhasilan Pembangunan Daerah Merupakan Kontribusi Semua Pihak

Obsesinews.com, Tanah bumbu- Peringatan Hari Jadi ke 16 Kabupaten Tanah Bumbu dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Tanah Bumbu, Senin (08/04).

Peringatan Hari Jadi kali ini berlangsung sederhana namun sangat meriah. Tamu undangan dari berbagai daerah pun turut hadir.

Tahun ini, peringatan Hari Jadi dihadiri oleh Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, H Rudy Resnawan.

Tampak pula Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan H Burhanuddin beserta isteri, Forkopimda Kalsel, Kepala Daerah se-Kalsel, Ulama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, mantan Wakil Bupati Tanbu periode 2005-2010, anggota DPRD Tanbu, Sekda Tanbu bersama pejabat, pimpinan parpol, panitia penuntut Kabupaten Tanbu, Ketua TP PKK, DWP, dan organisasi lainnya, serta undangan lainnya.

Peringatan hari jadi diawali dengan tarian kolosal, pembacaan ayat kursi, dan pembacaan sejarah singkat berdirinya Kabupaten Tanah Bumbu yang dibacakan oleh Wakil Ketua DPRD Tanbu H Hasanuddin.

Puncak acara peringatan hari jadi di usia dengan penyerahan berbagai piagam penghargaan, launching aplikasi school smart system, penyerahan mobil ambulan desa, dan penyerahan lainnya.

Dalam sambutanya dihadapan tamu undangan yang hadir, Bupati Tanah Bumbu menyampaikan berbagai pembangunan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

Baik itu disektor kemaritiman, SDM, pelayanan publik, infrastuktur, dan capaian keberhasilan pembangunan yang terus dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Bumi Bersujud.

Bupati mengatakan terkait pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, dan akuntabel sejauh ini telah menjadi komitmen bersama semua pihak.

Sehingga hal itu telah membuahkan hasil dengan diperolehnya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama 5 tahun berturut-turut sejak tahun 2013 hinga tahun 2017, serta dengan diraihnya penghargaan SAKIP AWARD 2018 Kemenpan RB dengan nilai B.

Disamping itu, telah banyak program dan inovasi yang sudah dan sedang berjalan dilaksanakan, hingga menorehkan banyak prestasi, baik di tingkat Provinsi maupun Nasional, diantaranya, Menerima penghargaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) Tahun 2015, 2016, dan 2017 dari Kementerian Hukum dan HAM karena tingginya komitmen pemerintah daerah dalam penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan Hak Asasi Manusia.

Menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan RI Tahun 2018 karena berhasil mempertahankan predikat opini WTP selama 5 Tahun berturut-turut.

Menerima penghargaan pembangunan daerah tahun 2018 kategori Kabupaten Terbaik II dari Pemprov Kalsel.

Menerima INAGARA Award tahun 2018 dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) karena berkomitmen tinggi terhadap pengelolaan inovasi administrasi negara melalui laboratorium inovasi LAN.

Meraih predikat B dalam Akuntabilitas Kinerja tahun 2018 dari Kementerian PAN RB.

Tanah Bumbu menjadi pilot project SIMDA SAKIP oleh Kementerian PAN RB.

Penghargaan Capaian Target Kepemilikan Akta Kelahiran Anak dan E-KP dari Gubernur Kalimantan Selatan.

Menerima penghargaan Adipura Tahun 2018 Kategori Kota Kecil dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Menerima predikat Akreditasi Paripurna Bintang Lima RSUD dr H Andi Abdurrahman Noor oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Dan Menerima penghargaan Adikarya Pangan Nusantara dari Presiden RI.

“Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menyadari, bahwa keberhasilan dan prestasi yang telah kita capai itu tak terlepas adanya peran serta dan kontribusi dari seluruh komponen daerah di Kabupaten Tanah Bumbu dan Provinsi Kalimantan Selatan,” ujar Bupati. (**/Red)

Share this Post :

Comments are closed.