Cegah Kejadian Kriminal Polsek Simpang Empat Aktif Gelar Patroli Keliling

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Cegah terjadinya tindakan kriminal di malam hari, personil dari Polsek Simpang Empat menggelar patroli keliling dan sambangi kegiatan ronda malam warga di beberapa pos kamling di Desa Mekarsari dan Desa Barokah, Kecamatan Simpang Empat, Sabtu (04/07/2020).

Kegiatan yang berlangsung pada pukul 02.00 wita dini hari tersebut merupakan salah satu bentuk upaya dari Polsek Simpang Empat dalam menjaga ketertiban serta memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Bripka Budi W. bersama Brigadir Muh. Erwin Maualan dan Brigadir M. Saleh yang bertugas dalam kegiatan patroli tersebut mengucapkan terima kasihnya terhadap desa-desa yang menjalankan sistem keamanannya.

“Kami sangat berterima kasih terhadap desa yang peduli dengan keamanan lingkungannya. Partisipasi masyarakat dalam meningkatkan sistem keamanan keliling sangat membantu pihak kepolisian untuk mencegah terjadinya tindak pidana, terkhusus di malah hari dimana sangat rawan terjadinya kriminalitas,” tandasnya saat Ditemui Media di lokasi kegiatan.

Eko Kodam, salah satu seorang petugas ronda malam menyampaikan, “Ronda malam ini merupakan bentuk partisipasi dan dukungan dari semua elemen masyarakat yang sadar akan pentingnya menjaga keamanan lingkungan. Kami juga selalu berkoorinasi kepada pihak TNI dan Polri terkait dengan saran agar kegiatan yang kami jalankan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sebagaimana mestinya.”

Terkait dengan fasilitas penunjang yang dipergunakan oleh petugas ronda malam terkhusus di RT.06, RT.07 RT.15 dan RT.16 Desa Barokah, terlihat petugas ronda seragam mengenakan rompi berwarna hijau terang guna menjadi simbol identitas serta menghindari terjadinya kesalahpahaman dalam bertugas.

Selai itu, Eko juga menambahkan bahwa pihaknya telah mendapatkan izin dari dari Iril yang merupakan Sekretaris RPU (Radio Pemancar Umum) Bersujud untuk bergabung dalam jaringan frekuensi RPU Bersujud. Sehingga untuk mempermudah petugas ronda malam terkait dengan hal komunikasi, petugas ronda dilengkapi dengan alat komunikasi penghubung berupa HT (Handy Talkie).

Personil Polsek Simpang Empat yang menjalankan tugas patrolinya juga turut memberikan himbauan kepada setiap petugas ronda malam setempat agar kegiatan pos kamling dapat berjalan dengan efektif.

“Perhatikan keselamatan diri disaat berlangsungnya kegiatan, perhatikan body system minimal dua orang dan jangan bertindak gegabah dengan bermain hakim sendiri. Jika dirasa ditemukan adanya gangguan kamtibmas terkait dengan tindak pidana agar dapat menghubungi dan berkoordinasi kepada kepolisian atau pihak berwajib,” ujar Brigadir Muh. Erwin Maulana saat mengunjungi masyarakat yang Jaga Pos Kamling. (Tim/red)

Share this Post :

Comments are closed.