4 Desa di Tanbu Terima Bantuan Penunjang Perpustakaan

4 Desa di Tanbu Terima Bantuan Penunjang Perpustakaan

Obsesinews.com, Tanah Bumbu – Guna menghidupkan Perpustakaan Desa di Kabupaten Tanah Bumbu, Perpustakaan Nasional melalui Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) memberikan seperangkat fasilitas penunjang.

Program TPBIS ini diberikan kepada desa-desa yang di kawasan Kabupaten, termasuk Kabupaten Tanah Bumbu yang telah terdata sejak tahun 2020 sebagai penerima manfaat Program TPBIS dari Perpustakaan Nasional.

Berikut 4 Desa penerima manfaat Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial yaitu Perpustakaan Desa Suka Damai Kecamatan Mantewe, Perpustakaan Batulicin Irigasi Kecamatan Karang Bintang, Perpustakaan Desa Karang Indah dan Perpustakaan Desa Mekar Jaya di Kecamatan Angsana.

Nur Rochmah sebagai Kepala Bidang Pengembangan Perpustaan dan Kegemaran Membaca Dispersip Kab. Tanbu mengatakan bahwa Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) merupakan program pengembangan literasi untuk meningkatkan kesejahteraan dan akan melibatkan langsung masyarakat desa.

“Dengan adanya program TPBIS ini, perpustakaan tidak hanya berpatokan pada buku saja melainkan Perpustakaan diharapkan menjadi pusat informasi bagi masyarakat,” ungkapnya.

Dengan tujuan, masyarakat dapat secara langsung mengakses informasi dan menerapkan ilmu supaya menunjang kemajuan dan peningkatan pada kesejahteraan masyarakat secara umum.

Adapun bantuan yang telah diberikan oleh Perpustakaan Nasional yakni buku sebanyak 700 eksemplar, terdiri dari 350 judul, serta 3 buah PC, 1 buah Server, 1 buah Printer dan 2 Rak Buku guna menunjang pelayanan perpustakaan di desa.

“Jenis buku lebih kepada ilmu terapan seperti bagaimana cara bercocok tanaman tomat dan sawi hidroponik, yang mana dapat menambah pengetahuan masyarakat serta kemampuan dalam bercocok tanam. Sehingga diharapkan bisa menyentil peningkatan perekonomian mereka,” jelas Nur Rochmah.

Dengan penambahan fasilitas yang memadai diharapkan kedepannya mampu menambah jumlah pengunjung serta meningkatkan minat baca masyarakat.

Selain itu juga mendekatkan jarak di masyarakat pada buku dan informasi tanpa harus menempuh jarak jauh untuk mengunjungi Perpustakaan Daerah yang terletak di Jln. Dharma Praja Kawasan Perkantoran Gunung Tinggi.

“Semoga nantinya masing-masing dari 4 Desa penerima manfaat itu bisa berjalan maksimal dengan tambahan bantuan tersebut, mudah-mudahan tetap bisa berkelanjutan dan bisa kita hidupkan sehingga memicu desa lainnya jika dinilai siap dan layak,” tutupnya. (**/Red)

Share this Post :

Comments are closed.