Forkopimda Berikan Pembinaan Kepada Kades se-Kabupaten Trenggalek

Pembinaan kades se Kab Trenggalek


Obsesinews.com,Trenggalek- Forum Koordinasi Kepala Daerah (Forkopimda) di Kabupaten Trenggalek gelar pembinaan kepada seluruh Kepala Desa yang ada di Kabupaten Trenggalek, Rabu (1/2/17). 


Pembinaan tersebut dilakukan Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto Dardak,M.Sc, bersama Ketua DPRD Trenggalek, Drs. Samsul Anam, M.Ag, Dandim 0806 Trenggalek Letkol Arm, Bayu Argo Asmoro,  Kapolres Trenggalek AKBP Donny Adityawarman, SIK, M.Si, Kajari Trenggalek Umaryadi, SH, MH, ini berlangsung di Balai Desa Ngepeh Kecamatan Tugu Trenggalek dalam kegiatan Safari Forkopimda.


Kegiatan digelar untuk memacu kinerja yang lebih baik dari para Kepala Desa dalam pengelolaan Dana Desa dan ADD, baik dalam emplementasi maupun dari segi administrasi pengelolaan dan keuangan.



Acara tersebut dilaksanakan guna mengembalikan semangat para Kepala Desa dalam melaksanakan pembangunan di daerahnya, demi suksesnya pembangunan perkotaan yang diawali dari desa. Pasalnya dalam Pemerintahan era Presiden Jokowi ini, pembangunan Indonesia dititik beratkan pada Pemerintahan paling bawah yaitu Desa.



Diharapkan dengan adanya pembinaan ini, Desa dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai harapan masyarakat tanpa adanya penyimpangan yang mengakibatkan adanya kerugian Negara.



Ketika Dikonfirmasi usai kegiatan pembinaan ini, Bupati Trenggalek menyampaikan “Alhamdulillah pada hari ini anggota Forkopimda semua bisa berkumpul lengkap, ditambah dengan Para Kepala Desa yang juga relatif lengkap, kita sama-sama saling maenguatkan dan menjelaskan semangat kita bersama. Bawasanya kita ingin mendukung Pemerintah Desa ini sebagai sumber pembangunan, karena benar-benar diberikan tanggung jawab besar dalam mengelola sumber daya pembangunan,” ucapnya.



“Kedepan kita akan terus mengawal para Kepala Desa ini untuk melaksanakan tata kelola yang cukup baik. Hari kita melakukan pendekatan pro aktif, pendekatan yang sifatnya konsultatif dalam membantu rekan-rekan Kepala Desa untuk lebih tenang dalam menjalankan tugas mereka, karena pedoman dan acuan yang sangat baik, salah satunya LKPP yang bisa dijadikan salah satu pedoman untuk mealakukan pengadaan di tingkat Desa. Lalu salah satu contoh lagi disisi edukasi yaitu apa yang dilakukan BPKP.”


“Kapolres juga menyampaikan,” mengenai esensi teman-teman Kepala Desa sebagai leadership yang dibutuhkan di Indonesia dari mulai saat ini hingga kedepannya,” imbuhnya.



Dalam kesempatan tersebut Dandim juga menegaskan,” bawasanya Babinkamtibmas dan Babinsa mendapatkan pesan dari Presiden untuk ikut mensukseskan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa. Oleh karena itu kami dan legislatif, Saya dan Pak ketua Dewan ini dalam satu perahu, karena kita berdua merupakan penyelenggara Daerah, sehingga kita berdua sangat berterima kasih kepada beliau-beliau ini Forkopimda, baik dari unsur Penegak Hukum maupun TNI, berkenan untuk berkolaborasi dengan kami,” tandasnya.

 

Kedepan diharapkan oleh Forkopimda, kegiatan ini tidak hanya diselenggarakan sekali ini saja, melainkan bisa diselenggarakan rutin. Mungkin satu semester sekali, nanti akan kita tentukan waktu yang pas untuk menyelenggarakannya.(D06/ Red)

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply